Pada Tahun 2022 Menko Muhadjir Targetkan Kota Solo Nol Kawasan Kumuh

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Untuk memastikan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) berjalan, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy kembali mengunjungi Kota Solo, Jawa Tengah. Dia menyebut Solo harus nol kawasan kumuh.

“Ya harus nol (kawasan kumuh) nanti. Solo harus jadi model yang nanti kita harapkan ini menjadi semacam prototipe untuk menyelesaikan persoalan pemukiman kumuh di daerah lain,” kata Muhadjir usai rapat koordinasi di Balai Kota Solo, Rabu (27/10/2021).

Hal tersebut disampaikan Muhadjir saat menjawab pertanyaan mengenai seberapa persen program Kotaku akan menuntaskan masalah kawasan kumuh. Menurutnya, kawasan kumuh di Kota Solo harus dibenahi secara keseluruhan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan saat ini program sudah mulai berjalan. Dia menargetkan penataan kawasan kumuh Kota Solo rampung di tahun 2022.

“Sudah jalan, kita harapkan 2022 sudah selesai semua. Untuk itu kita kumpulkan semua sumber-sumber dana dari berbagai lini untuk menyelesaikan ini secara keroyokan,” katanya.

Sumber dana tersebut, antara lain berasal dari program tanggung jawab sosial (CSR) perusahaan yang digandeng pemerintah. Bentuk dari penataan kawasan itu, antara lain ialah pembangunan rumah layak huni di kawasan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo.