by

Menkes Mengungkapkan RS Indonesia Hampir Kolaps pada Juli 2021

Inionline.id – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan rumah sakit Indonesia hampir kolaps akibat tidak bisa menampung pasien virus corona (Covid-19) kala terjadi lonjakan kasus pada Juli 2021.

Dia mengatakan bahwa daya tampung maksimal rumah sakit seluruh Indonesia adalah 600 ribu. Budi mengaku sempat cemas pada Juli lalu karena jumlah kasus aktif sudah lebih dari 500 ribu.

“Pada Juli lalu sudah menyentuh 500 ribuan kasus aktif, itu yang sangat mengkhawatirkan karena batasnya 600 ribu kasus aktif. Namun Alhamdulillah setelah itu turun,” kata Budi dalam acara daring yang disiarkan melalui kanal YouTube Sespimlemdiklatpolri Polri, Rabu (6/10).

Kasus aktif merupakan warga terinfeksi virus corona yang tengah menjalani perawatan di fasilitas kesehatan atau isolasi mandiri di rumah. Semakin tinggi kasus aktif, maka berimplikasi pada pada tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) di rumah sakit.

Budi mengatakan bahwa sebenarnya ketersediaan ranjang rumah sakit di seluruh Indonesia adalah 400 ribu. Dari jumlah itu, 30 persen atau 120 ribu tempat tidur yang dialokasikan untuk pasien Covid-19.

kasus Covid-19 pada Juli lalu

Kemudian dari hasil penelitian terhadap 100 warga yang positif, hanya 20 persen yang membutuhkan perawatan di rumah sakit, sementara 80 persen lainnya cukup isolasi mandiri.

Budi kemudian membuat formula batas paling maksimal daya tampung rumah sakit di seluruh Indonesia, yakni 600 ribu.

“Kuncinya jangan sampai kita menyentuh angka 5 x 120 ribu atau 600 ribu kasus aktif,” kata Budi.

Saat ini, kasus virus corona terus menurun usai terjadi lonjakan pada Juli lalu. Meski demikian, pemerintah tetap belum mau mencabut virus corona dari status pandemi. Kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat pun masih diberlakukan.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diterapkan di sejumlah daerah. PPKM diterapkan secara berlevel tergantung tingkat penularan, jumlah kasus aktif dan capaian vaksinasi tiap daerah.

Saat ini pemerintah tengah menguji coba PPKM level 1 di Kota Blitar, Jawa Timur. Nantinya, Blitar bakal menjadi contoh daerah yang menerapkan new normal.