Menjelang PON XX, BNPB Bagikan 5 Ribu Masker di Bandara Sentani

Headline257 views

Inionline.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui sub-Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Satgas Prokes) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua mengadakan penguatan prokes melalui Gerai Masker di Bandar Udara Internasional Sentani pada Rabu (29/9).

Sebanyak 11 relawan diterjunkan untuk membagikan 5 ribu masker kain dan mengedukasi pengunjung maupun masyarakat di kawasan bandara. Salah satu relawan, Fatma, mengaku antusias menyambut kehadiran PON di Papua.

“Sejauh ini semua berjalan dengan baik dan lancar, masyarakat sangat antusias dengan PON XX kali ini,” kata Fatma.

Menurut dia, penerapan prokes selama pra-pembukaan PON XX berjalan cukup baik, meski masih terlihat beberapa ketidakpatuhan. Karena itu, Fatma berharap keberadaan Gerai Masker dapat meningkatkan kedisiplinan masyarakat Papua terhadap prokes.

“Program pembagian masker ini sangat bagus untuk dilakukan di sini, apalagi untuk beberapa masyarakat masih ada yang belum memakai masker,” katanya.

Pada perhelatan PON XX ini, semua pihak didorong untuk mendukung dengan menjalankan prokes yang sesuai, mencakup pemakaian masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Sehingga, penyelenggaraan PON XX aman dari lonjakan kasus Covid-19.

Tak hanya di Kabupaten Jayapura, BNPB juga melakukan penguatan protokol kesehatan jelang pembukaan PON XX di tiga kabupaten/kota lain, yaitu di Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Total masker yang telah dibagikan BNPB sejak Minggu (26/9) adalah 189.900 masker.