M Ichsan Kritik Postur Anggaran EBT Pemprov Jabar Yang Tidak Sesuai Kajian

Antar Daerah157 views

Bandung, Inionline.id – Klaim Gubernur Ridwan Kamil terhadap dukungan Pemprov Jabar terhadap Energi Baru Terbarukan (EBT) mendapat kritikan dari anggota Komisi IV DPRD Jabar, Mochamad Ichsan Maoluddin.

Dalam Gatra Apresiasi Energi 2021, Ridwan Kamil menyatakan bahwa Jabar terus berkomitmen untuk membangun pengelolaan energi berbasis EBT. Selain itu Emil mengatakan pengembangan EBT di Jawa Barat termasuk pengelolaan sampah menjadi energi menjadi salah satu komitmen Jabar dalam pengelolaan energi berbasis lingkungan atau green energy.

M Ichsan menyayangkan pernyataan tersebut dimana menurutnya berdasarkan beberapa kali kunjungan Komisi IV DPRD Jabar ke dinas terkait, postur anggaran yang disiapkan itu tidak sesuai secara pararel.

“Kalau kajiannya memang berjalan, kemarin kami sempat hearing dengan dinas ESDM yang membidangi EBT nyatanya di wilayah alam Jawa Barat ini sudah harus mulai berpikir untuk memiliki kebijaksanaan terhadap eksploitasi alam dari energi fosil menjadi energi baru terbarukan,” ujar M Ichsan, Jum’at (01/10/2021).

Politisi PKS ini menilai, harusnya kebijakan anggaran EBT Pemprov Jabar bisa pararel dengan kajian yang selama ini dilaporkan.

“Kalau untuk satu atau dua tahun kedepan saya belum melihat postur anggaran yang menunjang terhadap tekhnologi itu,” kata Ichsan.

Dirinya pun mengungkapkan bahwa Komisi IV mendapatkan masukan dari KPK terkait masalah energi ini dimana dari 10 project di Indonesia sebagian gagal hingga wanprestasi.

“Hal ini pun menjadi tantangan bagi Jawa Barat, kemarin kalau dari Pansus sudah serius dan posisinya masih terbuka terkait energi geothermal mengubah sampah menjadi sumber energi pabrik semen misalnya. Walaupun semua ini tidak mudah seperti tersangkut masalah lelang,” imbuh Ichsan.