Karawang Kembali Masuk PPKM Level 3 Karena Rendahnya Vaksinasi Lansia

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Kabupaten Karawang masuk dalam PPKM level 3. Kondisi itu akibat masih minimnya vaksinasi lansia yang baru mencapai 37,5 persen.

“Jadi memang naik levelnya jadi level 3, karena faktor vaksinasi lansia. Kalau secara umum capaian vaksinasi sudah 50,8 persen tapi untuk lansia yang seharusnya 40 persen, Karawang baru mencapai 37,5 persen, kurang 2,5 persen lagi,” kata Ketua Satgas COVID-19 Karawang Fitra Hergyana, Selasa (5/10/2021).

Fitra mengungkapkan masih minimnya capaian vaksinasi lansia bukan karena kurangnya peminat. Tapi, kata dia, ada banyak lansia yang belum tersisir di berbagai wilayah.

“Jadi bukan kurang peminat, hanya saja tim di kecamatan dan desa belum menyisir sebagian lansia di wilayahnya,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya akan menggenjot vaksinasi keluarga Praktek Mandiri Bidan (PMB) di berbagai wilayah. “Kami besok akan genjot lagi PMB di desa-desa untuk sisir lansia,” ungkapnya

Untuk aturan pembatasan aktivitas masyarakat, pihaknya mengikuti aturan PPKM Level 3 yang berlaku. “Kalau soal pembatasan, tentunya menerapkan sesuai aturan PPKM level 3, yang sudah diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri),” katanya.

Sementara itu dari data terbaru kasus COVID-19 di Karawang, pada Senin (4/10) pukul 12.00 WIB kemarin, total keseluruhan kasus COVID-19 adalah 43.352 naik 4 kasus positif dari hari sebelumnya, dengan angka kesembuhan 41.483. Rinciannya yakni 10 masih perawatan, 12 masih isolasi mandiri, 1.847 meninggal dunia.

“Kalau positif rate Karawang cenderung mengalami penurunan, namun tentunya Satgas tetap bergerak untuk berpatroli setiap malam dalam pembatasan masyarakat,” ujarnya.