KA Lokal Daop 4 Semarang Sudah Kembali Beroperasi

Antar Daerah557 views

Inionline.id – Kereta lokal PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang kembali beroperasi. Kali ini adalah KA Blora Jaya Relasi Cepu-Semarang Poncol PP.

Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro mengatakan kereta tersebut akan mulai beroperasi hari Kamis (14/10) besok.

Kembalinya KA Blora Jaya itu karena sudah mendapatkan ijin dari DJKA selaku regulator dan masih mengacu pada Surat Edaran Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor SE 73 Tahun 2021.

“Dengan dijalankannya KA Blora Jaya ini berarti seluruh KA Lokal dan Aglomerasi yang berada di wilayah Daop 4 Semarang sudah beroperasi,” kata Krisbiyantoro dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/10/2021).

Dalam keterangannya, Kris menjelaskan KA Blora Jaya menggunakan rangkaian Kereta Ekonomi New Image dan New Image Difabel dengan kapasitas total 672 kursi.

Namun saat ini PT KAI Daop 4 Semarang hanya menyediakan 70 persen kapasitas tempat duduk dari total yang tersedia, yaitu 471 kursi.

“Tarif yang dijual dari Cepu-Semarang Poncol maupun sebaliknya yakni Rp 50 ribu. Tiket go show dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access hingga 30 menit sebelum keberangkatan,” jelasnya.

Untuk jadwal keberangkatan, dari Cepu mulai berangkat pukul 05.00 WIB dan tiba di Semarang Tawang pukul 07.21 WIB dan Semarang Poncol pukul 07.32 WIB. Sementara itu dari Poncol berangkat pukul 18.30 WIB dan dari Tawang 18.42 WIB, tiba di Cepu pukul 21.07 WIB.

“Bagi seluruh masyarakat yang ingin menggunakan KA Blora Jaya ini wajib memenuhi persyaratan wajib menunjukkan bukti vaksin COVID-19 minimal dosis pertama. Untuk anak yang berusia di bawah 12 tahun sementara masih tidak diperbolehkan melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api. Mematuhi protokol kesehatan selama berada di area stasiun maupun di dalam rangkaian kereta api,” jelas Kris.