by

Jokowi: Keberhasilan Penanganan COVID Tak Lepas Peran dari TNI

Inionline.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi peran Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam upaya penanganan pandemi COVID-19 di Tanah Air. Menurutnya, TNI telah berhasil membantu pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19.

“Keberhasilan kita dalam menangani pandemi COVID-19 ini tidak terlepas dari peran besar TNI. TNI yang selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan,” ujar Jokowi dikutip pada laman Setkab, Selasa (5/10/2021).

Hal tersebut dia sampaikan saat memimpin upacara peringatan ke-76 Hari TNI, di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, pagi.

Jokowi menilai bila diibaratkan sebagai perang, perjuangan dalam melawan virus COVID-19 saat ini seperti dalam perang yang berlarut-larut yang sangat menguras tenaga, pikiran, mental, dan semangat juang. Perang ini juga membutuhkan kewaspadaan, kecepatan sinergi, serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Kemampuan perorangan, kemampuan satuan, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk alutsista, telah digunakan dan dikerahkan (TNI) dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan,” ungkapnya.

Dalam peringatan yang mengusung tema ‘Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang’ ini, Jokowi mewakili rakyat, bangsa, dan negara menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran TNI.

“TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa, menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta melindungi bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan,” ungkapnya.

“Atas nama rakyat, bangsa, dan negara tak lupa mengucapkan selamat hari ulang tahun TNI kepada seluruh jajaran TNI,” pungkasnya.

Sebagai informasi, turut hadir dalam acara ini Ibu Negara Iriana Joko Widodo; Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin; Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md; Menteri Pertahanan Prabowo Subianto; serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Hadir juga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.