Instagram Memperkenalkan Fitur Beristirahat dan Menjauhkan dari Konten Berbahaya

Iptek057 views

Ini0nline.id – Instagram akan memperkenalkan langkah-langkah baru untuk menjauhkan remaja dari konten berbahaya dan mendorong mereka untuk “beristirahat,” dari platform.

Hal ini disampaikan Wakil Presiden Urusan Global Facebook Nick Clegg.

Pernyataan ini disampaikan kurang dari seminggu setelah pelapor Frances Haugen bersaksi di depan Kongres, tentang penelitian internal yang menunjukkan Instagram dapat memiliki efek negatif pada kesehatan mental anak muda.

“Kami akan memperkenalkan sesuatu yang menurut saya akan membuat perbedaan besar, di mana sistem kami melihat bahwa remaja melihat konten yang sama berulang-ulang, dan konten itu mungkin tidak kondusif bagi kesejahteraan mereka, kami akan mendorong mereka untuk melihat konten lain,” kata Clegg.

Dia menambahkan bahwa selain menghentikan sementara rencana untuk platform Instagram Kids dan memberikan kontrol opsional kepada orang tua untuk mengawasi remaja, perusahaan berencana memperkenalkan fitur yang disebut ‘beristirahat’.

Fitur ini memungkinkan Instagram akan mendorong remaja untuk beristirahat sejenak dari menggunakan Instagram.

Ilustrasi remaja sedang menggunakan media sosial di perangkat genggam (Shutterstock).
Ilustrasi remaja sedang menggunakan media sosial di perangkat genggam.

Clegg tidak memberikan garis waktu untuk kedua fitur tersebut.

Senin (11/10/2021), juru bicara Facebook mengatakan, fitur tersebut belum diuji tetapi akan segera.

Juru bicara itu menunjuk ke posting blog 27 September oleh kepala Instagram Adam Mosseri yang menyebutkan bahwa perusahaan sedang “menjelajahi” fitur-fiturnya.

“Kami mengumumkan minggu lalu bahwa sedang menjajaki dua ide baru: mendorong orang untuk melihat topik lain jika mereka memikirkan konten yang mungkin berkontribusi pada perbandingan sosial yang negatif dan fitur yang sementara disebut “Istirahat”,” jelasnya.

Menurutnya, fitur ini memungkinkan orang dapat menempatkan akun mereka di masa jeda dan luangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan apakah waktu yang mereka habiskan bermakna.Facebook telah dikritik keras selama beberapa minggu terakhir, menyusul laporan dari Wall Street Journal berdasarkan dokumen internal yang disediakan Haugen.

Seorang mantan manajer produk di Facebook, Haugen bersaksi di depan Kongres pada Selasa di sebuah dengar pendapat yang berfokus pada penelitian internal perusahaan yang menunjukkan bahwa Instagram dapat menjadi racun, terutama bagi gadis remaja.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg. [Andrew Caballero-Reynolds/AFP]
CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

CEO Facebook Mark Zuckerberg membantah akun Haugen, dengan mengatakan tidak masuk akal bagi perusahaan mengandalkan pengiklan untuk mendorong konten yang membuat orang marah demi menghasilkan keuntungan.