Inii 4 Makanan Sehat namun Berbahaya bagi Penderita Diabetes

Kesehatan057 views

Inionline.id – Konsumsi makanan sehat merupakan hal penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran kita sehari-hari. Hal ini tak terkecuali pada penderita penyakit tertentu.

Pada penderita diabetes, makanan sehat yang dikonsumsi perlu sangat diperhatikan. Pasalnya, tak semua makanan sehat bisa mereka konsumsi secara bebas.

Sejumlah makanan sehat memiliki kadar gula cukup tinggi yang tidak sesuai bagi penderita diabetes. Bagi penderita diabetes, konsumsi makanan ini bukannya membuat sehat namun malah membuat kondisi mereka memburuk.

Hal pertama yang perlu diperhatikan pada penderita diabetes adalah kandungan diabetes pada makanan yang dikonsumsi. Namun, ternyata tidak hanya kandungan karbohidrat saja yang perlu diwaspadai dari sejumlah makanan sehat ini.

Banyak yang tak menyangka bahwa sejumlah makanan sehat ini ternyata bisa berdampak buruk. Dilansir dari the Health Site, berikut sejumlah makanan sehat yang perlu dihindari oleh penderita diabetes.

Anggur dan Oatmeal

1. Anggur

Anggur merupakan salah satu buah yang sebaiknya diwaspadai oleh penderita diabetes karena bisa meningkatkan gula darah secara mendadak. Jika kamu menderita diabetes, pastikan untuk mengonsumsi buah ini dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

2. Oatmeal

Bagi sebagian orang, oatmeal merupakan menu sarapan yang sehat dan tidak membuat gemuk. Hal ini terutama perlu diwaspadai ketika mengonsumsi oatmel instan yang mengandung banyak gula.

Susu dan Yogurt

3. Susu

Menurut Harvard Medical School, susu sapi merupakan karbohidrat dengan indeks glikemik yang rendah. Namun pada sejumlah susu jenis lain, kandungan gula di dalamnya cukup tinggi sehingga perlu diwaspadai untuk dikonsumsi.

4. Yogurt

Bagi penderita diabetes, yogurt plain merupakan pilihan terbaik untuk dikonsumsi. Sementara itu, yogurt dengan rasa buah sebaiknya dihindari karena kandungan gula dan karbohidrat yang cukup tinggi di dalamnya.

Sejumlah makanan sehat tersebut bisa sangat berbahaya bagi penderita diabetes terutama ketika dikonsumsi dalam jumlah besar. Pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat untuk mendapat manfaatnya dan terhindar dari bahaya yang mungkin muncul.