by

HUT TNI, Puan Mendorong Kenaikan Tunjangan Prajurit 80 Persen

Inionline.id – DPR berharap pemerintah dapat meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI. Ketua DPR Puan Maharani mengatakan peningkatan kesejahteraan TNI itu berkaca dari kinerja yang dianggap memuaskan dalam beberapa tahun terakhir.

“Saya harap rencana kenaikan tunjangan kinerja sebesar 80 persen bagi prajurit TNI bisa segera direalisasikan. Karena tugas TNI tidak mudah. Selain untuk menjaga pertahanan negara, prajurit TNI juga memiliki tugas operasi militer selain perang,” kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/10).

Dalam peringatan HUT TNI ke-76 ini, Puan juga mengapresiasi kinerja TNI dalam dua tahun terakhir, khususnya saat membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19.

Menurut Puan, salah satu yang menjadi sorotan adalah ketika TNI berperan aktif dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Menurut politikus PDI Perjuangan itu, TNI bahkan sampai turun langsung untuk mengajak masyarakat mengikuti vaksinasi.

“Selain membantu pembagian kebutuhan pokok bagi masyarakat, peran TNI pada program vaksinasi Covid-19 sangat besar. Bukan hanya sekadar menyelenggarakan vaksinasi massal, tapi banyak satuan TNI yang melakukan jemput bola untuk memvaksinasi warga,” ujarnya.

“Berkat TNI, masyarakat di daerah perbatasan hingga wilayah yang geografisnya cukup berat, sudah bisa mendapat vaksin. Rakyat juga merasa puas dengan kehadiran TNI dalam penegakan disiplin protokol kesehatan,” imbuh Puan.

Dalam kesempatan itu, Puan juga mendorong agar pemerintah meningkatkan alat utama sistem persenjataan untuk menunjang tugas-tugas TNI.

“DPR RI juga terus mendorong agar pemerintah melakukan peningkatan alat utama sistem persenjataan (alutsista) untuk menunjang tugas TNI dalam menjaga kedaulatan negara,” tambahnya.

Terpisah, anggota Komisi I Fraksi Golkar Christina Aryani mengatakan saat ini TNI mendapat apresiasi publik. Hal ini tercermin dari tingginya tingkat kepuasan publik.

“Survei publik juga menunjukkan kepuasan sangat tinggi pada kinerja TNI dalam melakukan pengendalian pandemi di setiap daerah. Semua ini patut diapresiasi dan tentu menjadi kado istimewa bagi TNI di HUT ke-76,” ujar Christina.

Ia berharap, di usia ke-76 TNI juga semakin profesional, unggul, modern, transparan dan responsif terhadap dinamika dan tantangan-tantangan baru ke depan.

Pihaknya juga berharap TNI lebih meningkatkan kedisiplinan dan loyalitasnya pada sumpah prajurit, termasuk menghindari konflik antarmatra maupun dengan anggota kepolisian.

“Selain tentunya meningkatkan kedekatan dengan masyarakat dan sejauh mungkin menekan konflik dengan elemen masyarakat di beberapa daerah,” kata dia menambahkan.