Gubernur Bali Menyebut 20 Ribu Wisatawan Lokal per Hari Datangi Bali

Antar Daerah657 views

Inionline.id – Sejak melandainya kasus covid-19 di Bali Gubernur Bali Wayan Koster menyebut lebih dari 20 ribu wisatawan domestik per hari mendatangi Bali. Turis lokal itu datang melalui jalur udara atau penerbangan dan jalur darat.

“Dengan melandainya kasus covid-19 di Bali, kedatangan wisatawan domestik yang kami pantau melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai terus meningkat,” ujarnya di Gedung DPRD Bali, Senin (18/10).

Ia menjelaskan saat kasus covid-19 di Bali sedang meningkat, wisatatawan domestik yang datang hanya 500-1.000 orang per hari. Namun, ketika kasusnya turun, wisatawan berangsur-angsur datang mencapai 2.000 orang hingga 20 ribu orang per hari.

“Kemarin sudah 10 ribu lebih yang melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai. Pesawatnya sekarang penuh terus. Garuda Indonesia yang tadinya hanya dua kali penerbangan per hari, sudah saya minta tambah dua penerbangan lagi, jadi sekarang empat kali penerbangan,” jelasnya.

Belum lagi wisatawan domestik yang datang melalui jalur darat, ia klaim, jumlahnya mencapai puluhan ribu orang. “Jadi, kira-kira dalam satu hari itu 20 ribu lebih wisatawan domestik yang perjalanan melalui udara atau lewat darat sampai di Bali,” lanjutnya.

Wayan optimistis meningkatnya kunjungan wisatawan domestik kali ini akan mendongkrak ekonomi Bali seperti gelombang kedatangan turis lokal pada 2020 lalu.

“Mirip situasi akhir tahun 2020, ketika itu kuartal II 2021, pertumbuhan ekonomi Bali jadi 2,8 persen (sebelumnya negatif),” imbuh dia.

“Kita harus bekerja keras supaya situasi dapat kita tangani dan kelola dengan sebaik-baiknya,” tandasnya.