Generasi Emas Belgia Lagi-Lagi Gagal Juara

Inionline.id – Timnas Belgia yang disebut-sebut sedang dalam generasi emas, lagi-lagi gagal berprestasi. Kali ini tumbang dari Prancis di semifinal UEFA Nations League.

Belgia kandas 2-3 dari Prancis di Allianz Stadium dalam perebutan tiket ke final UEFA Nations League, Jumat (8/10/2021) dini hari WIB. Tim besutan Roberto Martinez itu sebetulnya sempat memimpin 2-0 di babak pertama lewat gol Yannick Carrasco dan Romelu Lukaku.

Prancis bangkit di babak kedua dengan melesakkan tiga gol lewat Karim Benzema, Kylian Mbappe, dan Theo Hernendez. Les Bleus pun melaju ke final untuk berhadapan dengan Spanyol, yang menumbangkan Italia 2-1.

Kekalahan ini sekaligus memperpanjang catatan buruk Belgia yang disebut-sebut sedang dalam fase generasi emas. Para pemain yang ada di skuad Belgia terdiri dari Lukaku, Kevin de Bruyne, Thibaut Courtois, Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, dan Eden Hazard.

Belgia juga mulai duduk di ranking satu FIFA pada 2015, sempat melorot namun tidak jauh dari lima besar. Belgia di ranking FIFA saat ini juga kembali ada di peringkat pertama.

Pada akhirnya, apalah arti ranking FIFA jika tak ada trofi yang bisa dibawa Belgia. Sejak generasi emas terbentuk di era Marc Wilmots pada 2012 sampai 2016 dan kini beralih ke Martinez, Belgia gagal terus menjadi juara. Pencapaian terbaik Belgia cuma meraih tempat ketiga di Piala Dunia 2018.

Piala Dunia 2022 bisa saja menjadi kesempatan terakhir untuk generasi terbaik Belgia tersebut menjadi kampiun. Hal tersebut dikarenakan para pemain terbaiknya mayoritas sudah berusia 30 tahun di Piala Dunia 2022 dan tak ada waktu lagi menunggu kejuaraan lainnya.

Satu hal yang harus dibenahi generasi emas Belgia ini mungkin terkait mental. Mereka kerap terpeleset saat lampu sorot mengarah ke tim seperti saat di Piala Dunia 2014, Euro 2016, Piala Dunia 2018, dan terakhir Euro 2020.