by

Fabio Quartararo Mengunci Gelar Juara MotoGP di Sirkuit Misano

Inionline.id – Pembalap tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo mengunci gelar juara dunia di Sirkuit Misano, Italia pada Minggu (24/10). Pembalap Monster Energy Yamaha itu mengunci gelar MotoGP Bersamaan dengan terjatuhnya Francesco Bagnaia.

Quartararo yang sudah unggul 52 poin atas Bagnaia, menyelesaikan balapan ke-16 dari 18 di kalender MotoGP itu di posisi keempat. Sementara sang rival dari tim Ducati gagal menyelesaikan lomba dengan lima lap tersisa.

Quartararo mengumpulkan 270 poin, sedangkan Bagnaia terpaut 65 poin dengan dua balapan tersisa di pengujung musim mustahil dapat terkejar.

Menyusul hasil buruk di kualifikasi, Fabio Quartarao harus berjuang dari P15 dan membangun kecepatan di setiap lap yang ia jalani dengan misi tak terlalu banyak kehilangan poin.

Sedangkan Bagnaia start dengan sempurna dari posisi pole diikuti rekan satu timnya, Jack Miller, yang menempel ketat di belakang.

Memasuki setengah balapan, Bagnaia masih mampu mempertahankan posisi terdepan dari tekanan Marquez hingga lap ke-16 dengan keunggulan hanya 0,2 detik. Perlahan tapi pasti Quartararo memperbaiki posisi dan berada di posisi ketujuh.

Di lima lap terakhir Bagnaia mulai menjauh dari kejaran Marquez. Strategi untuk menyimpan ban hingga pertengahan balapan berjalan lancar. Namun musibah terjadi saat lap ke-23 atau empat lap tersisa.

Bagnaia mengalami kecelakaan saat sedang memimpin 1 detik atas Marquez. Hasil itu membuat Quartararo dipastikan menjadi juara dunia MotoGP 2021.

Dengan Bagnaia terjatuh, Marquez diwarisi posisi terdepan dan mempertahankannya hingga melintasi garis finis demi meraih kemenangan ketiganya musim ini.

Rekan satu timnya, Pol Espargaro, melengkapi selebrasi tim Repsol Honda sebagai runner-up dan Enea Bastianini naik podium untuk kedua kalinya musim ini setelah finis P3 untuk tim Esponsorama Racing.