by

Dibukanya Kembali Pintu Umrah, Kemenag Meminta Warga Menunggu Petunjuk Teknis Pemberangkatan Umrah

Inionline.id – Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat meminta jemaah dan travel haji umroh untuk menunggu petunjuk teknis pemberangkatan umroh terkait pemerintah Arab Saudi membuka kembali pintu bagi jemaah umroh.

“Ini kan baru kemarin ya pengumuman. Belum ada informasi. Kita tinggal nunggu arahan,” ujar Sub Koordinator Humas, Kanwil Kemenag Jabar Ohan Burhan, Selasa (12/10/2021).

Ohan mengatakan pihaknya masih menunggu arahan dari Dirjen haji Kemenag. Menurut Ohan, belum adanya petunjuk teknis diharapkan masyarakat tak nekat pergi ke Arab Saudi untuk umroh.

“Ya menunggu arahan dulu, karena itu kan baru dibuka, harus dikarantina dulu sebelum berangkat, kan belum ada teknis seperti itu,” tuturnya.

“Memang dibuka kan oleh Arab Saudi tapi ada teknisnya mungkin, ada karantina dulu atau enggak dan nanti di Arab Saudi gimana apakah ada penambahan yang biasanya (beberapa hari) bisa juga nanti kalau ada karantina jadi 20 hari, 5 hari karantina di sini 5 hari di sana mungkin seperti itu. Jadi teknisnya kami menunggu surat edaran dari Dirjen,” kata dia menambahkan.

Diketahui, kabar pembukaan ibadah umrah bagi jemaah asal Indonesia disampaikan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. Retno mengatakan Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia, melalui nota diplomatiknya telah mengizinkan pelaksanaan ibadah umrah bagi jemaah Indonesia. Izin itu diberikan mengingat laju penularan COVID-19 di Indonesia mulai membaik dalam beberapa bulan terakhir.