Dewan Jabar Supono Beri Masukan ke Program Jabar Material Center

Ekonomi057 views

Bandung, Inionline.id – Langkah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat dalam menciptakan pusat bahan baku (Material Center Jabar) mendapat masukan dari anggota DPRD Jawa Barat, Supono.

Menurutnya, program yang akan diawali dengan menyediakan bahan baku bagi UMKM dan industri kecil bidang tekstil ini yang paling pokok memperhatikan faktor permodalan dan pemasaran para UMKM dan industri kecil tersebut.

“Jika memang untuk meningkatkan UMKM dalam pengadaan bahan baku, permodalan maupun pemasaran saya kira itu ide yang bagus, tetapi apakah itu strategis untuk kedepan atau tidak itu yang harus lebih oriented, kedepannya UMKM bukan hanya persoalan bahan baku saya, tapi persoalan permodalan dan pemasaran,” ujar Supono, Senin (04/10/2021).

Menurut legislator Partai Amanat Nasional (PAN) ini, persoalan permodalan dan pemasaran di Jawa Barat harus memiliki konsep ayah angkat dimana jika ada industri besar itu harus ada bagi industri-industri kecil.

“Jadi sebenarnya jika mau berpihak benar dan sungguh-sungguh kepada UMKM katakanlah ini untuk industri otomotif atau tekstil itu bisa di subkan ke home industri yang ada di masyarakat, Dinasnya melaksakan pelatihan kemudian ordernya dari industri besar seperti jok motor misalnya, jadi masyarakat bisa yang mengerjakan atau spare partnya,” tutur Supono.

Hal tersebut kedepannya akan menimbulkan efek strategis sehingga masalah permodalan bisa teratasi.

“Jadi harus terintegral dalam sebuah sistem produksi, distribusi itu harus terurus bukan hanya produksinya saja tapi setelah produksi barang ini mau kemana harus ada pasar yang menampung, dan skillnya mungkin Dinas yang membina sumber daya manusianya,” pungkas Supono. (JC)