Dewan Jabar M Ichsan Nilai 35 Unit Bantuan RTLH Desa Cibeusi Subang Tepat Sasaran

Antar Daerah157 views

Subang, Inionline.id – Komisi IV DPRD Jawa Barat melakukan peninjauan terhadap program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di wilayah Desa Cibeusi Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Selasa (05/10/2021).

Menurut Koordinator rombongan Komisi IV DPRD Jawa Barat, Mochamad Ichsan Maoluddin menjelaskan bahwa kurang lebih ada 35 unit Rutilahu yang akan dicairkan di 2021.

“Desa ini adalah memang kali pertama mendapat bantuan jadi kita kemarin meninjau Komisi IV bersama anggota, intinya adalah sejauh mana progres dari Rutilahu, rupanya memang sebagian rumah material bangunannya sudah berdatangan, kemarin kita didampingi LPM desa bahkan bersama Kadesnya,” ujar M Ichsan.

Menurutnya, warga penerima bantuan sangat bersyukur karena memang rupanya pengajuan ini sudah cukup lama, sempat diajukan ke Kabupaten mungkin juga belum turun, ke Pemerintah Pusat juga sama belum berhasil, karena mungkin Jawa Barat itu luas.

“Ini alhamdulillah bantuan dari program Rutilahu Provinsi turun, sebetulnya didaerah itu ada 2 desa, yaitu desa Cisaat dengan desa Cibeusi, namun yang kita pantau baru 1 desa yaitu desa Cibeusi,” tukas M Ichsan.

Dirinya mengungkapkan bahwa program RTLH di desa ini berbeda dengan Rutilahu dibeberapa desa yang pernah ditinjau Komisi IV DPRD Jabar.

“Disini memang kelihatannya betul-betul tepat sasaran mungkin memang yang dibangun itu rumah-rumah yang sudah kumuh, berumur dan runtuh, dan bersyukur kemarin kita bertemu dengan penerima Rutilahu tersebut, mereka bersyukur karena program ini sudah lama diminta oleh para pengaju,” kata Ichsan.

Artinya dari hal tersebut, Komisi IV melihat bantuan ini tentu saja dilakukan secara swadaya, jika mengandalkan dari Pemprov untuk Rutilahu ini sangat pas-pasan.

“Jadi LPM nanti yang memikirkan bagaimana swadaya itu bisa hadir walaupun sesungguhnya secara tersirat mereka juga ingin agar angkanya itu ditambah,” pungkasnya.

M Ichsan juga menjelaskan bahwa 1 unit RTLH yang dibantu di desa ini menerima bantuan sebesar 17.500.000 rupiah.