Demokrat Memantau Figur Potensial untuk Pilpres 2024

Politik057 views

Inionline.id – Partai Amanat Nasional (PAN) melirik empat tokoh eksternal untuk Pilpres 2024. Yaitu Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK). Sementara Partai Gerindra disebut-sebut bakal menjagokan kembali Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat, Kamhar Lakumani menuturkan, partainya terus memonitor calon potensial di pilpres 2024. Demokrat juga masih fokus konsolidasi internal organisasi.

“Kami juga tentunya terus memonitor perkembangan dan dinamika politik menuju 2024, termasuk figur-figur unggulan dan potensial yang terekam pada hasil berbagai lembaga survei,” ujar Kamhar lewat pesan singkat di Jakarta, Minggu (10/10).

Menurutnya, setiap partai punya strategi tersendiri dalam merespon dinamika politik menghadapi Pemilu 2024. Parpol akan sangat memperhitungan kondisi internal masing-masing setelah memotret kekuatan dan kelemahannya.

Parpol juga memetakan kondisi ekternal untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman yang dihadapi.

“Perbedaan kondisi internal dan pembacaan atas kondisi eksternal inilah yang kemudian menjadi pembeda tiap-tiap partai dalam menyusun agenda strategis dan skala prioritas,” ucapnya.

Kamhar memastikan, pada saatnya nanti Partai Demokrat pasti akan menyampaikan kepada publik terkait sikap dan keputusan politik partai merespon tahun politik 2024. Demokrat terus mempertimbangkan dinamika politik yang ada.

“Tentunya dengan mempertimbangkan dan menjadikan kondisi internal organisasi sebagai referensi utama serta pemetaan atas dinamika politik di eksternal,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya menyebut partainya melirik empat tokoh eksternal untuk pemilihan presiden (pilpres) 2024. Empat tokoh yaitu Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur DKI JakartaAnies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK).

Dia mengungkapkan partainya tertarik kepada keempat tokoh tersebut lantaran menduduki puncak hasil survei pilpres.

“Ada yang suka presentasi Mas Anies, ada yang lebih senang ke RK, ada yang bersimpatik sama Erick Thohir, ada yang ngefans sama Bu Khofifah gitu ya,” katanya.

Sementara itu, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akan maju di Pilpres 2024.

“Saya katakan, 2024 Pak Prabowo Insya Allah akan maju dalam laga pilpres. Majunya beliau karena begitu masifnya permintaan kita semua. Majunya beliau karena begitu besar harapan rakyat, pembangunan harus berlanjut, cita-cita kita berpartai belum terwujud. Maka apa yang baru saudara ucapkan (meminta Prabowo maju di pilpres) akan kami teruskan. Dan dengan tidak mendahului jawaban beliau, saya katakan sekali lagi Insya Allah Pak Prabowo akan maju di Pilpres 2024,” kata Muzani dalam keterangannya, Minggu (10/10).