Acer ConceptD 7 SpatialLabs Edition dan ConceptD 3 Series Meluncur dengan Spesifikasi Spesial

Iptek157 views

Inionline.id – Acer resmi memperkenalkan laptop terbarunya yaitu ConceptD 7 SpatialLabs Edition (CN715-73G).

Dilengkapi dengan teknologi 3D stereoskopik yang dirancang khusus untuk para desainer, developer serta konten kreator.

Teknologi 3D stereoskopik ini memungkinkan penggunanya membuat desain 3D tanpa bantuan kacamata khusus.

Melalui SpatialLabs, Acer menghadirkan serangkaian teknologi optik, layar, dan sensorik dengan kemampuan rendering video dan gambar secara real time.

Didukung GPU Laptop NVIDIA GeForce RTX 3080 dengan teknologi driver eksklusif, mampu meningkatkan kinerja laptop secara optimal.

Acer juga mengumumkan versi 15,6 inci dari ConceptD 3 Ezel dan versi 16:10 dari ConceptD 3.

ConceptD 7 SpatialLabs Edition. [Acer Indonesia]
ConceptD 7 SpatialLabs Edition. [Acer Indonesia]

“Acer senantiasa berusaha mendobrak batasan antara manusia dan teknologi,” ujar Jerry Kao, Co-COO, Acer Inc. dalam keterangan resminya, Sabtu (16/10/2021).

Menurutnya, SpatialLabs merupakan contoh yang dilakukan untuk mendobrak batasan tersebut.

“Mulai dari produk dan arsitektur CAD hingga proyek grafis 3D, kini para konten kreator dapat melihat desain 3D mereka selama proses berjalan,” kata Kao.

Dengan begitu, tambah dia, para kreator mampu melakukan preview desain 3D mereka sebelum proses rendering selesai agar hasil desainnya lebih maksimal.

“Melalui laptop ConceptD 7 SpatialLabs Edition, para kreator lebih bebas berkreasi dalam membuat desain ataupun video animasi 3D,” ungkapnya.

Laptop ConceptD 7 SpatialLabs Edition ini diperkuat prosesor Intel Core i7 Generasi ke-11 dipadukan GPU NVIDIA GeForce RTX 3080, RAM DDR4 berkapasitas 64 GB dan SSD NVMe PCIe sebesar 2TB.

Perangkat baru ConceptD 7 ini dibekali layar UHD 4K bersertifikasi PANTONE yang menawarkan berbagai teknologi warna mencakup 100 persen gamut warna Adobe RGB dan tingkat akurasi warna Delta E<2.

Dikombinasikan teknologi stereoskopik, layar laptop ini menyuguhkan grafis 3D menakjubkan seakan sungguhan.

Di atas layarnya, Acer menempatkan satu set kamera stereo yang dapat melacak posisi mata, pergerakan mata dan kepala pengguna untuk menampilkan gambar dalam 3D stereoskopik.

ConceptD 7 SpatialLabs Edition. [Acer Indonesia]
ConceptD 7 SpatialLabs Edition. [Acer Indonesia]

Kamera ini dapat memproyeksikan dua gambar dengan perbedaan tipis melalui lensa optik yang telah direkatkan ke panel layar. Gambar tersebut kemudian masing-masing dibiaskan ke mata yang berbeda.

Teknologi rendering real time ini bekerja jika pengguna memutar kepala, gambar 3D stereoskopik akan menyesuaikan posisi kepala, seolah-olah pengguna melihat sekelilingnya.

Dengan serangkaian teknologi AI, laptop ini mampu menghasilkan stereo image generation sehingga memungkinkan pengguna untuk mengubah konten 2D standar menjadi konten 3D stereoskopik.

Fitur SpatialLabsTM pada laptop ini memungkinkan penggunanya melihat gambar mereka secara real time.

SpatialLabs mendukung seluruh format file 3D memungkinkan pengguna mengubah grafis 3D standar menjadi 3D stereoskopik hanya dengan mengimpornya ke SpatialLabs Model Viewer.

Selain itu, add-on SpatialLabs Model Viewer saat ini tersedia untuk delapan 3D software suites.

Laptop ini juga dapat digunakan bersama dengan layar 2D sehingga memungkinkan untuk membuat atau mengedit konten pada monitor 2D.

Selanjutnya, pengguna dapat melihat setiap perubahan yang dibuat secara real time dalam 3D stereoskopik pada perangkat SpatialLabs.

Berikut contoh konten yang dihasilkan oleh laptop ConceptD 7 SpatialLabs Edition:

ConceptD 7 SpatialLabs Edition. [Acer Indonesia]
ConceptD 7 SpatialLabs Edition. [Acer Indonesia]
  • Konfigurasi mobil memungkinkan dealer menunjukkan model dan opsi yang berbeda kepada pelanggan, meskipun mobil dengan konfigurasi serupa tidak tersedia di dunia nyata.
  • Desainer interior dapat berbagi panduan desain mereka dengan klien untuk memberi mereka pemahaman yang lebih baik tentang ruang dan skala setiap barang di dalam ruang tersebut.
  • Selanjutnya teknologi motion capturing memungkinkan untuk membuat video dengan kedalaman volumetrik, sehingga pengguna dapat menikmati pengalaman sinematik 360 derajat dari mana saja.
  • Geospatial earth observation menggabungkan data resolusi tinggi dari satelit, platform aerial, dan sensor batimetri, lalu menggabungkannya untuk menciptakan lanskap 3D yang sebenarnya.
  • Hadirnya Model Baru dalam Lini ConceptD 3

Versi baru ConceptD 3 Ezel 15,6 inci dan versi 16:10 dari ConceptD 3

Tidak hanya itu, Acer juga memperluas lini ConceptD 3 dengan beberapa model baru, seperti model clamshell 16 inci baru (CN316-73G) yang menampilkan layar rasio aspek 16:10 dan model convertible 15,6 inci baru (CC315-73G) dengan pen Wacom EMR.

Acer juga merilis ConceptD 3 Pro (CN316-73P) dan ConceptD3 Ezel Pro (CC315-73P) dengan prosesor Intel Core i7 dengan 4,6 GHz dan GPU NVIDIA T1200.

ConceptD 3 Terbaru. [Acer Indonesia]
ConceptD 3 Terbaru. [Acer Indonesia]

Semua laptop ConceptD 3 terbaru hadir dengan desain modern yang khas, menampilkan lapisan MAO (Micro-Arc Oxidation) berwarna putih bersih yang tahan terhadap noda dan goresan untuk melindungi sasis MgAl, yang seluruhnya terbuat dari aluminium.