30 Rumah Hangus Akibat Kebakaran Hebat di Pulau Guanaja Honduras

Internasional157 views

Inionline.id – Kebakaran besar terjadi di pulau resor kecil Guanaja, Honduras. Akibatnya puluhan rumah hangus dan ratusan orang mengungsi.

“Kami tidak dapat menghentikannya. Itu tidak dapat dikendalikan,” kata Wakil Wali Kota pulau Guanaja Mireya Guillen, seperti dilansir AFP, Minggu (3/10/2021).

Pulau Guanaja terletak di Karibia di lepas pantai utara daratan Honduras. Pulau ini ditinggali oleh 6.000 penduduk, penghasilannya terutama dari pariwisata.

Awan besar asap hitam membubung dari pulau itu, saat helikopter militer menjatuhkan kantong air ke kobaran api.

Dibantu oleh polisi, orang-orang berlomba menyelamatkan tempat tidur, perabotan dan barang-barang lainnya saat api mendekat. Video kebakaran itu juga tersebar di media sosial.

Belum diketahui penyebab kebakaran yang terjadi pada Sabtu dini hari waktu setempat ini. Api bersumber dari rumah-rumah di tepi pantai dan menyebar dengan cepat.

Kebakaran itu telah menghanguskan 30 rumah. Kebakaran juga berdampak pada bisnis dan memaksa evakuasi sekitar 400 orang.

Petugas pemadam kebakaran dan pejabat lainnya mengatakan sebanyak Empat telah dirawat di rumah sakit. Mereka mengalami luka bakar.

Guanaja, yang berukuran 19 km persegi (7 mil persegi), adalah salah satu dari tiga Kepulauan Teluk Honduras. Dua pulau lainnya adalah Roatan dan Utila.