10 Hal ini yang Bakal Kamu Temui di Desert Safari Dubai

Inionline.id – Kalau jalan-jalan ke Dubai, wajib coba ikut wisata gurun pasir atau desert safari! Begitu mungkin yang sudah sering kamu dengar. Tapi sebenarnya, apa saja sih, yang bisa didapat atau akan kita temui bila mengikuti safari yang sangat terkenal ini?

Jawabannya bisa sangat beragam. Sebab, paket tur desert safari ada banyak sekali. Setiap agen atau penyedia tur, bisa saja menawarkan harga yang berbeda dan memiliki paket-paket yang berbeda pula.

Harga paket tur desert safari pada awal tahun 2019 dipatok mulai dari 30 dirham (sekitar 120 ribu rupiah) sampai ratusan dirham per orang. Bahkan untuk paket premium yang serba VIP, harganya bisa mencapai ribuan dirham per orang.

Semakin mahal harga per orang, umumnya semakin lengkap juga kegiatan dan fasilitas yang ditawarkan. Jadi tambah penasaran apa saja pilihannya?

Tenang, bakal kasih kamu bocorannya lengkap dengan video keseruannya di sini. Are you ready?

10 Hal yang Bakal Kamu Temui di Desert Safari (1)

1.Menikmati gurun pasir yang sangat luas

Namanya juga desert safari, tentu saja kamu bakal menemui gurun pasir. Tapi yang mungkin tidak kamu bayangkan, meski hanya terletak sekitar satu jam dari jantung kota Dubai, ternyata gurun pasirnya sangaaaat… luas. Sejauh mata memandang, yang akan kamu temui adalah pasir, pasir dan pasir lagi.

Tidak hanya luas, gurun pasir di dubai juga berbukit-bukit. Mulai dari yang berupa gundukan kecil hingga yang tinggi menggunung. Berjalan kaki mencoba mendaki bukit-bukit pasir tersebut atau duduk-duduk di atasnya sambil memandangi cakrawala rasanya asyik sekali. Apalagi bila menjelang matahari terbenam. Hamparan pasir coklat kemerahan akan tampak lebih memukau.

10 Hal yang Bakal Kamu Temui di Desert Safari (2)

Lantas seperti apa pasirnya? Pasir di gurun ini halus, lembut dan dengan mudah gugur dari kulit atau pakaian kita. Bila diinjak, kaki akan terbenam dengan cepat ke dalamnya.

November hingga Maret musim dingin, pasirnya juga terasa dingin. Tapi bila kamu datang pada musim panas, pasir di gurun Dubai bisa mencapai suhu 50 derajat celsius dan tidak akan dapat dipijak.

10 Hal yang Bakal Kamu Temui di Desert Safari (3)

2.Bermain Sand Boarding

Lembutnya pasir di gurun mungkin membuat siapa saja ingin bermain. Dari anak-anak sampai orang dewasa, semua bisa saja jadi punya ide untuk mencoba berbagai hal di atas hamparan atau bukit pasir. Salah satunya? Mencoba berguling-guling, meluncur atau merosot! Terserah saja, kamu bebas bermain sesukanya.

Meski begitu, ada cara merosot di pasir yang lebih keren: sand boarding! Bayangkan berselancar di atas papan tapi bukan di laut namun di pasir. Itulah sand boarding. Siap-siap ya, kegiatan yang satu ini punya peluang besar membuat siapa pun yang mencobanya jadi ketagihan.

10 Hal yang Bakal Kamu Temui di Desert Safari (4)

3.Memacu adrenalin dengan kendaran 4WD

Walaupun berjalan kaki di tengah gurun pasir di Dubai mengasyikkan, cara paling seru untuk menikmatinya adalah dengan kendaran 4WD. Kegiatan ini biasanya disebut sand bashing atau dune bashing.

Pastikan kamu memakai sabuk pengaman ya, karena di dalam mobil kamu betul-betul akan diajak ‘gila-gilaan’ naik turun bukit-bukit pasir yang seolah tak ada habisnya. Mobil bisa menanjak tinggi, berhenti dalam keadaan menukik di tepi bukit, atau miring seolah mau terbalik! Benar-benar memacu adrenalin, deh.

10 Hal yang Bakal Kamu Temui di Desert Safari (5)

Tak heran kalau umumnya peserta dune bashing bakal terus menjerit atau berteriak heboh seperti sedang naik roller coaster.

Tapi tenang saja, para pengemudi kendaraan 4WD ini sudah berpengalaman, kok. Pemerintah Dubai memastikan semua pengendara kendaraan 4WD yang beroperasi untuk kegiatan desert safari ini sudah memiliki sertifikat khusus.

10 Hal yang Bakal Kamu Temui di Desert Safari (6)

5.Menguji nyali naik ATV

Kalau belum puas dengan kendaraan 4WD, kamu bisa mencoba menjelajahi gurun dengan kendaraan ATV (All Terrain Vehicle). Buktikan kemampuanmu mengendarainya atau duduklah di belakang pengendara ATV yang sudah berpengalaman di sana. Gurun pasir pun berubah jadi medan ATV yang sangat menantang.

10 Hal yang Bakal Kamu Temui di Desert Safari (7)

6.Menunggang unta

Tidak sah berwisata ke gurun pasir di Dubai kalau belum naik unta. Itulah kenapa selain sand bashing naik unta jadi salah satu kegiatan favorit wisatawan yang datang ke sana.

Tapi jangan berharap kamu akan berkeliling gurun naik hewan tunggang ini atau berkelana berjam-jam di atas punggungnya. Acara naik unta umumnya hanya menjadi bagian singkat dari paket desert safari yang ditawarkan beberapa penyelenggara tur.

Pengunjung akan diminta bergantian naik unta mengitari satu area yang sudah ditentukan untuk beberapa menit saja. Meski begitu, pengalaman ini tetap menarik dan jelas layak dicoba.

10 Hal yang Bakal Kamu Temui di Desert Safari (8)

Jadi kalau ingin memesan paket tur desert safari, jangan lupa tanyakan soal kesempatan naik unta. Pastikan apakah kegiatan ini sudah masuk ke dalam paket atau merupakan tambahan yang perlu kamu bayar lagi. Ingat, setiap tur bisa saja menawarkan harga yang berbeda dan memiliki paket-paket yang berbeda pula.
10 Hal yang Bakal Kamu Temui di Desert Safari (9)

10 Hal yang Bakal Kamu Temui di Desert Safari (10)

7.Melihat peternakan unta

Rient Tours, penyedia tur yang dipakai kumparan saat ke sana misalnya. Mereka memiliki program tambahan mengunjungi peternakan unta. Di peternakan ini kita dijelaskan tentang kenapa unta jadi hewan tunggang yang diandalkan sejak dulu, bagaimana unta bertahan hidup tanpa minuman dan makanan, hingga betapa istimewanya hewan ini bagi masyarakat Arab.

Bila beruntung, di peternakan ini kamu juga bisa melihat unta yang sedang hamil, akan melahirkan atau melihat bayi unta yang sangat lucu.

10 Hal yang Bakal Kamu Temui di Desert Safari (11)

8.Menyaksikan elang pemburu beraksi

Selain unta, binatang yang menjadi ‘bintang’ di padang pasir adalah elang. Berburu dengan elang gurun pasir sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Arab pada umumnya selama lebih dari 2000 tahun dan dijadikan salah satu simbol budaya Uni Arab Emirat.

Di masa lalu elang ditangkap, dilatih, dan digunakan orang Badui untuk memburu makanan mereka, menangkap kelinci atau habara -sejenis burung liar yang mirip kalkun. Tak hanya urusan mencari makanan, elang juga digunakan sebagai olahraga bergengsi. Memiliki elang adalah masalah harga diri.

10 Hal yang Bakal Kamu Temui di Desert Safari (12)

Nah, beberapa penyedia tur seperti Orient Tours juga memasukkan pertunjukkan elang pemburu ini di dalam agenda desert safari mereka. Bukan cuma dijelaskan mengenai budaya berburu dengan elang, kamu bisa menyaksikan langsung bagaimana elang dilepaskan, terbang tinggi ke udara, lalu menangkap ‘mangsa’-nya dengan tepat dan sangat cepat. Kalau berani, kamu juga boleh mencoba membawa elang ini beberapa saat.
10 Hal yang Bakal Kamu Temui di Desert Safari (13)

10 Hal yang Bakal Kamu Temui di Desert Safari (14)

9.Dilukis dengan henna dan mengisap sisha

Desert safari biasanya berakhir di satu perkemahan yang sengaja dibuat di tengah gurun, menyerupai pemukiman masyarakat Uni Arab Emirat di zaman dahulu kala. Perkemahan ini dipenuhi dengan lampu-lampu gantung, tenda-tenda dan bantal-bantal besar berwarna merah. Sangat instagramable!

Di sanalah kamu bisa mengisap sisha dan bila mau menghias tangan serta kaki dengan henna. Bila semua fasilitas ini belum termasuk dalam paket desert safari yang kamu ambil, bawalah cukup uang tunai. Maklum, di tengah gurun tidak ada mesin ATM atau kartu kredit.

10 Hal yang Bakal Kamu Temui di Desert Safari (15)

Tidak ingin berbagi perkemahan dengan banyak orang? Pilihlah paket tur yang menyediakan perkemahan pribadi untuk kelompok kecil, keluarga atau pasangan. Bila perlu, ada juga memilih paket makan malam romantis yang eksklusif.
10 Hal yang Bakal Kamu Temui di Desert Safari (16)

10.Mencoba hidangan khas Uni Arab Emirat

Terakhir, tutup semua keseruan desert safari ini dengan mencoba aneka hidangan khas Uni Arab Emirat di bawah taburan bintang sambil menyaksikan berbagai tarian dari berbagai wilayah di sekitar Dubai.