Waspadai Varian Mu dan Delta, Jokowi Meminta Kebut Vaksin Covid

Headline, Nasional057 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo meminta bawahannya mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Perintah itu ia sampaikan menyusul merebaknya virus Corona varian Delta dan varian Mu.

Jokowi meminta seluruh masyarakat tak abai dengan penularan virus Corona. Dia mengimbau rakyat disiplin memakai masker guna mencegah penularan.

“Kita tahu ada varian-varian baru yang dulunya awal kita tidak menyangka muncul, varian Delta, ini sudah kita dengar lagi varian Mu. Sebab itu, sekali lagi, percepat vaksinasi dan taat terhadap protokol kesehatan,” kata Jokowi di Blitar, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (7/9).

Jokowi mengingatkan bahwa Covid-19 tidak akan hilang. Akan tetapi, penularan penyakit itu bisa dikendalikan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi.

Mantan Wali Kota Solo itu mengapresiasi masyarakat yang antusias mengikuti vaksinasi. Ia berharap semakin banyak warga yang ikut program vaksinasi pemerintah.

“Kita inginkan seluruh provinsi bisa tervaksin minimal 70 persen itu di akhir tahun ini,” ujarnya.

Sebelumnya, berbagai varian virus Corona bermunculan seiring penularan di berbagai negara. Salah satu varian yang jadi perhatian Badan Kesehatan Dunia (WHO) adalah varian Delta.

Varian Delta pertama kali ditemukan di India. Mutasi virus Corona ini memicu lonjakan kasus Covid-19 di India dan beberapa negara. Indonesia terkena imbas dari keganasan virus Corona varian Delta pada pertengahan 2021.

Saat itu, kasus aktif di Indonesia menembus angka 500 ribu. Pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat guna menekan laju penularan kasus Covid-19.