Wakil Bupati Bogor Peringati Haornas Secara Virtual Bersama Presiden RI dan Menpora RI

Olahraga057 views

CIBINONG-Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan peringati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 secara virtual di Aula bawah Pendopo Bupati Bogor, Kamis (9/9). Peringatan Haornas dilakukan dengan menyaksikan amanat Presiden RI, Joko Widodo dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali.
Presiden RI Joko Widodo secara virtual menyampaikan selamat Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 kepada seluruh insan olahraga di Indonesia. Kepala negara mengatakan Peringatan Haornas tahun ini diwarnai dengan catatan prestasi yang membanggakan terutama dari ajang Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

“Pencapaian prestasi ini menginspirasi seluruh bangsa. Ini tidak hanya membuat kita semua bangga tapi juga memacu lahirnya prestasi-prestasi olahraga yang lebih gemilang di masa yang akan datang,” ujar Jokowi.
Ia pun menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kerja keras para atlet, dan ketekunan para pelatih yang mampu mengasah talenta-talenta hebat sehingga mengharumkan nama bangsa melalui banyak prestasi olahraga. Peringatan Olahraga Nasional Indonesia ini tetap diperingati dengan membahagiakan dan membanggakan atas pencapaian di ajang olimpiade dan paralimpiade di Tokyo 2020, pencapaian prestasi yang menginspirasi, bukan hanya membuat kita bangga tapi juga memacu prestasi olahraga yang gemilang di masa yang akan datang.

Apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pejuang dan atlet, juga ketekunan dari para pelatih sehingga mengharumkan nama bangsa. Prestasi olahraga harus kita tingkatkan, prestasi dihadirkan oleh sebuah proses pembinaan dari pelatih.

“Kita harus fokus bekerjasama agar prestasi terus dihasilkan serta bisa mengangkat martabat bangsa. Kita memiliki bibit unggul dari cabor bulutangkis, panjat tebing, atletik, panahan, renang dan lain-lain. Perlu persiapan yang matang, maka dari itu saya mengajak semua untuk bekerjasama untuk membangun bersama olahraga nasional,” ujar Presiden RI.

Selanjutnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menambahkan secara virtual, tema Haornas tahun 2021 ini yaitu “Desain Besar Olahraga Nasional (DBON ) Menuju Indonesia Maju”. Tema tersebut diangkat sebagai jawaban atas perintah Presiden Joko Widodo pada Haornas 2020. Tepat pada Haornas ke-38 ini, DBON telah resmi memiliki payung hukum yakni Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 tahun 2021.

“Bapak Presiden Pak Joko Widodo pada hari ini tanggal 9 September 2021 telah menandatangani Perpres Nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional,” ujarnya.

Momen peresmian payung hukum DBON pada peringatan Haornas ke-38 tahun 2021 dinilai sebagai penanda harapan baru untuk prestasi di bidang olahraga. “Ini juga sebagai penanda bahwa hari ini lahir harapan baru untuk prestasi olahraga Indonesia, dengan ditandatanganinya Perpres pada hari ini oleh Bapak Presiden itulah sebagai penanda dari dimulainya implementasi Desain Besar Olahraga Nasional,” ucap Amali.

Pada Peringatan Haornas ke-38 tahun 2021, Amali memberikan penghargaan kepada sejumlah orang yang dinilai telah berkontribusi terhadap kemajuan prestasi olahraga nasional, terdiri dari berbagi latar belakang seperti atlet, dosen, pelatih, wartawan, pimpinan cabang olahraga, dan pimpinan organisasi olahraga.

“Peringatan Hari Olahraga Nasional yang ke-38 ini, pemerintah akan memberikan penghargaan kepada mereka yang sudah berprestasi dalam berbagai kejuaraan tingkat dunia khususnya di ajang Olimpiade dan Paralimpiade,” ujar Amali. (Pegr)