by

Vaksinasi Masih 19 %, Bupati Bogor: Jangan Dilihat Persentase Tapi Penduduk

Inionline.id  Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin menyebut capaian vaksinasi sudah mencapai 19 persen dari target total sasaran vaksinasi sebanyak 4,2 juta orang.

“Sudah 19 persen, sekitar 1,6 juta,” kata Ade Yasin usai menghadiri lounching mobile vaksin di Mapolres Bogor, Jum’at (17/9/2021).

Ade merinci, dari 1,6 juta dosis yang disuntikan, sebanyak 1.104.701 orang telah jalani suntik dosis pertama dan dari 1.104.701 orang sebanyak 512.980 orang di antaranya telah jalani suntik dosis kedua.

Capaian vaksinasi di Kabupaten Bogor memang berbeda jauh jika dibandingkan dengan wilayah tetangga, yakni Kota Bogor yang sudah mencapai 75 persen. Wali Kota Kota Bogor Bima Arya bahkan menargetkan 100 persen warganya bisa divaksinasi di akhir September 2021.

Dibandingkan dengan capaian vaksinasi wilayah tetangganya, Ade Yasin merespon dengan tegas. Politikus PPP ini menyebut bahwa jumlah penduduk dan jumlah sasaran vaksinasi di Kabupaten Bogor jauh lebih banyak dibanding Kota Bogor. Ia bahkan menyebut, 20 persen penduduk Kabupaten Bogor sama dengan jumlah total penduduk Kota Bogor.

“Ya jumlah penduduknya bos, kalau kita 20 persen itu (sama artinya dengan) 100 persen Kota Bogor. Jadi jangan dilihat dari persentase, tapi dari jumlah penduduk. Kita ini sudah 1,6 juta dosis,” kata Ade Yasin.

Ade melanjutkan, percepatan vaksinasi sampai saat ini terus dilakukan dengan kolaborasi Forkopimda, TNI, Polri, Organisasi Masyarakat, hingga partai. Dengan keterbatasan nakes, target penyuntikan diharap mencapai 50.000 orang divaksinasi dalam sehari.

“Alhamdulillah dengan kolaborasi semua pihak, TNI, Polri, Forkopimda terus organisasi, masyarakat, partai juga dan lain sebagainya, ini kita lakukan terus percepatan. Jadi sehari itu kita bisa suntik vaksin itu sekitar 50.000 an ya, memang kalau kita hitung 50 ribu X 3 bulan ya InsyaAllah target 70 persen tercapai Desember. Mudah-mudahan setelah target tercapai, (aktivitas) bisa normal kembali,” kata Ade Yasin.

Saat ini, lanjut Ade Yasin, program vaksinasi dilakukan setiap hari di setiap wilayah di Kabupaten Bogor. Sentra vaksinasi sengaja dilakukan wilayah agar lebih dekat dan bisa dijangkau warga dengan mudah.

“Puskesmas setiap hari ada kegiatan vaksinasi juga, terus kegiatan di kecamatan sudah setiap hari secara massal, di (Stadion) Pakansari ada, Polres dan Kodim juga ada, Korem juga membantu, semua sudah bergerak,” imbuhnya.