Sepatu dengan Pewarna Alami dari Kopi, Berkolaborasi Sage Footwear dan Janji Jiwa

Inionline.id – Industri mode saat ini sedang berusaha memberikan kontribusi lewat konsep sustainability atau keberlanjutan. Untuk menunjukkan komitmen tersebut, berbagai merek lokal Tanah Air pun turut menghadirkan produk-produk ramah lingkungan. Salah satunya adalah brand sepatu lokal Sage Footwear.

Sejak pertama didirikan pada 2019, Sage Footwear memang sudah mengusung tema keberlanjutan dengan moto ‘Langkah Baik ke Segala Arah’. Untuk melanjutkan komitmen tersebut, Sage Footwear kali ini berkolaborasi dengan kopi Janji Jiwa dan meluncurkan koleksi sepatu terbaru.

Lewat koleksi sepatu ini, Sage Footwear dan Janji Jiwa ingin kembali mengingatkan masyarakat bahwa kita punya peran penting untuk membuat Bumi jadi tempat yang lebih baik.

“Kami menggandeng Janji Jiwa karena melihat adanya kesamaan visi tentang keberlanjutan. Proses perencanaan kolaborasi ini juga cukup singkat, sekitar tiga sampai empat bulan. Lewat koleksi yang satu ini, Sage Footwear dan Janji Jiwa ingin agar masyarakat lebih tahu bahwa Bumi yang kita tinggali ini sedang tidak baik-baik saja. Jadi mereka bisa lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan,” ungkap Varian Erwansa, salah satu pendiri dari Sage Footwear dalam acara peluncuran Sage Footwear x Janji Jiwa pada Kamis (26/8)

Menariknya, koleksi kolaborasi mereka ini merupakan sepatu pertama yang menggunakan ampas kopi sebagai bahan pewarna alami. Sage Footwear memanfaatkan sekitar satu ton ampas kopi dari Janji Jiwa untuk memproduksi 250 pasang sepatu.

Sepatu dengan Pewarna Alami dari Kopi, Kolaborasi Sage Footwear dan Janji Jiwa (2)

“Proses pembuatan sepatu ini tidak mudah, terutama dalam hal pewarnaan. Karena kami memakai bahan alami, yaitu ampas kopi, jadi proses pewarnaannya membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa mendapatkan warna cokelat yang diinginkan. Dalam pembuatannya, salah satu tantangan yang kami hadapi adalah proses pengeringan. Sebab kita mengandalkan sinar matahari langsung,” pungkas Hamzah Dwi Putra, salah satu pendiri Sage Footwear.

Dari segi desain, sepatu ini punya model semi slip on dengan aksen tali dan perekat di bagian depan. Jadi sangat mudah dipakai, apalagi kalau sedang dalam kondisi buru-buru. Selain itu, koleksi baru ini juga unisex, alias bisa dipakai oleh perempuan dan laki-laki. Warnanya merupakan perpaduan antara warna cokelat tua, cokelat muda, dan putih.

Sepatu dengan Pewarna Alami dari Kopi, Kolaborasi Sage Footwear dan Janji Jiwa (3)
Hal lainnya yang juga menjadi unsur ramah lingkungan dari sepatu Sage Footwear ini adalah bahan katun yang dipakai merupakan katun organik. Proses tanam, panen, dan produksinya hanya menggunakan sedikit air sehingga lebih sustainable.

Buat kamu yang tertarik ingin memilikinya, sepatu kolaborasi Sage Footwear x Janji Jiwa ini sudah bisa didapatkan melalui gerai online resmi Sage Footwear di Shopee. Tersedia dalam ukuran 37-45, sepatu ini dijual seharga Rp 389 ribu.