PKS ADAKAN PELATIHAN BUDIDAYA MAGGOT

Politik257 views

Cibinong, Inionline.id – Ketua DPD PKS Kabupaten Bogor, Dedi Aroza, M.Si. membuka pelatihan budidaya maggot yang sedang hit. Pelatihan diadakan melalui media zoom meeting diikuti oleh 48 peserta, 6 kelompok tani dan Kampung Ramah Lingkungan (KRL) sekabupaten Bogor (Sabtu, 28/8/2021). Pengantar pelatihan disampaikan oleh Ketua Bidang Tani dan Nelayan DPD PKS Kabupaten Bogor, Irvan Baihaqi Tabrani, S.E. Sementara materi pelatihan dipandu oleh praktisi budidaya maggot, Santoso, S.E.

Menurut H.Irvan Baihaqi kegiatan ini merupakan rangkaian program Sekolah Tani yang akan digulirkan oleh Bidang Tani dan Nelayan DPD PKS Kabupaten Bogor. Tema yang digulirkan saat ini sesuai dengan kondisi di lapangan yakni permasalahan sampah dan bagaimana menjadi peluang usaha.

“Jadi, problem sampah yang hingga kini masih jauh dari solusi justri menjadi peluang dengan budidaya maggot. Pelatihan ini, bukan hanya memberikan materi tentang bagaimana peluang ekonomi namun lebih jauh hingga teknik pemuliaannya,” papar H.Irvan.

Irvan menjelaskan peserta antusias mengikuti pelatihan, ada 48 peserta dari kecamatan se-Kabupaten Bogor, 6 perwakilan kelompok tani dan beberapa kelompok relawan lingkungan (KRL). Menurutnya, ini merupakan modal yang baik untuk menggerakan ekonomi disaat pandemi seperti sekarang ini.

“Menjadi solusi sekaligus memberi pemasukan pendapatan bagi keluarga. Apalagi kita ketahui, kondisi ekonomi saat ini sedang terpuruk dan membutuhkan jalan keluar,” cetus pria yang Anggota DPRD Kabupaten Bogor asal Dapil 6 ini.

Peserta menantikan kegiatan serupa yang mampu mengangkat kegiatan ekonomi yang secara riil membantu memecahkan kesulitan ekonomi. Tidak hanya teori, bahkan hingga mampu menghasilkan produk dan mendapatkan keuntungan yang menarik.

“Tentu saja, tidak sampai kegiatan ini. Ada beberapa kegiatan yang akan kami siapkan dalam membantu petani, peternak dan pelaku usaha lainnya,” tukas pria yang tinggal di Bojonggede ini meyakinkan.