Pertamina SMEXPO Berikan Banyak Hal Positif bagi UMKM Ilham Bahari

Ekonomi157 views

Jakarta, Inionline.id – Pertamina SMEXPO 2020 memberikan banyak hal positif yang dirasakan oleh pesertanya. Salah satunya adalah UMKM milik Ilham Bahari. Pengusaha kain tenun asli Palembang, Sumatra Selatan, ini mengaku mendapatkan banyak ilmu berharga selama pihaknya mengikuti Pertamina SMEXPO 2020.

“Banyak hal yang kami dapat selama mengikuti SMEXPO tahun lalu. Salah satunya yang saya rasakan adalah dipertemukan dengan mentor-mentor yang berkualitas,” tuturnya. Selain itu, Ilham juga mendapatkan pendampingan dari para kurator yang detail. “Hal ini memacu kita untuk lebih baik lagi,” imbuhnya.

Ilham mengatakan, pendampingan itu dilakukan oleh para kurator dengan mengoreksi setiap detail dari kekurangan UMKM. “Tapi tidak hanya sekadar mengoreksi, para kurator itu juga memberikan solusi dari kekurangan-kekurangan itu,” ungkapnya.

Menurut Ilham, yang membuat SMEXPO berbeda dengan ekshibisi lain yang pernah diikuti adalah pihaknya diajarkan cara yang baik untuk mendeskripsikan produknya kepada pembeli-pembeli yang berpotensi. “Tidak tanggung-tanggung, pembelinya pun ada yang datang dari luar negeri, seperti benua Eropa. Tidak hanya pembeli dari dalam negeri. Tanpa mengikuti SMEXPO, hal ini akan sangat susah kami dapatkan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Ilham, keuntungan yang dia dapatkan ketika mengikuti SMEXPO adalah, pihaknya sangat mendapatkan bantuan untuk mengurus Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atas produknya. “Kami seratus persen dibantu untuk pengurusan HKI sebagai salah satu cara mematenkan produk dari UMKM Mitra Binaan Pertamina. Dengan demikian, produk kita tidak dijiplak orang lain dan kita siap bersaing di kancah nasional dan internasional,” papar Ilham.

Sementara itu, Pjs. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, Pertamina SMEXPO 2021 tetap mempersiapkan program-program yang mendukung UMKM Mitra Binaan agar dapat lebih beradaptasi dengan keadaan terkini dan menggandeng mereka untuk dapat berperan serta di marketplace SMEXPO.

Pada marketplace Pertamina SMEXPO 2021, lanjut Fajriyah, sobat UMKM dapat menemukan ribuan produk UMKM berkualitas, asli hasil karya anak bangsa. Hampir senada dengan pelaksanaan Pertamina SMEXPO tahun lalu, UMKM yang terlibat di dalamnya dibagi menjadi beberapa kategori. Ada kategori Makanan dan Minuman, Busana, Furnitur, Kerajinan, Agrobusiness, dan Produk Grosir.

Fajriyah mengungkapkan, dengan “Berani Keren Se-Indonesia” sebagai tagline Pertamina SMEXPO 2021, diharapkan dapat membangkitkan semangat mendukung UMKM Indonesia dengan tampil keren menggunakan produk-produk UMKM. “Kalau bukan kita yang mencintai produk negara kita sendiri, siapa lagi?” tutupnya.