Pertamina EP Papua Field Semarakkan Perhelatan Akbar PON XX Papua Barat

Berita057 views

Sorong, Inionline.id – Pertamina EP Papua Field (PEP Papua Field) merupakan bagian dari Zona 14 Regional Indonesia Timur Subholding Upstream mendukung perhelatan akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Provinsi Papua Barat, dengan dimulainya prosesi pengambilan api abadi di wilayah PLTMG Pertamina EP yang berada di Lapangan Klamono Kabupaten Sorong (25/9).

Kegiatan yang berlangsung di Klamono Oil berlangsung meriah dan dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Sorong – Suko Harjono, Asisten III Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat – Raymond Richard Hendrik Yap, Kepala SKK Migas Pamalu – Subagyo, General Manager Zona 14 – Djudjuwanto, Field Manager Papua Zona 14 – Abdul Rachman PB, Dandim 1804 – Letkol.Inf. Budiman dan tetua adat dari ketiga marga kampung Klamono.

Selain rangkaian kegiatan pengambilan Api PON XX, digelar pula seni tari-tarian yang dipersembahkan marga adat pemilik hak Ulayat Klamono. Dengan tabuhan tifa, dipentaskan tarian tradisional sejarah kehidupan masyarakat adat Klamono sampai dengan ditemukannya sumber minyak di tanah Papua.

Dalam sambutannya mewakili Provinsi Papua Barat, Richard menyampaikan rasa terima kasih kepada Pertamina EP Papua Field, “Suatu kebanggaan saat pemerintah pusat mempercayakan penyelenggaran perhelatan PON XX di Provinsi Papua Barat. Kami sangat berterima kasih kepada Pihak Pertamina EP Sorong yang membantu panitia dan telah menyiapkan sarana serta prasarana dalam mendukung pengambilan api PON ini,” ujar Richard.

Pengambilan Api PON XX dilakukan oleh ketiga Marga sebagai pemilik tanah ulayat di kampung Klamono, Marga Idik, Mambrigofok dan Klawom. Kepala Distrik Klamono – Oktovianus Kolin menyampaikan kegiatan yang membanggakan ini baru terjadi di Papua khususnya di Klamono. “Kami merasa bangga dan semoga menjadi catatan sejarah bagi anak cucu kami di wilayah Klamono. Diharapkan juga kehadiran Pertamina EP dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia,” ujar Oktovianus.

Dalam rangkaian kegiatan PON XX dilaksanakan kirab dari Kabupaten Sorong menuju Kota Sorong, sedangkan upacara pelepasan dilaksanakan pada hari Senin (27/9) di lapangan kantor Kabupaten Sorong sebelum diberangkatkan menuju Jayapura.