Nadiem Makarim: ‘Hybrid University’ Ciri Transformasi Perguruan Tinggi

Pendidikan057 views

Inionline.id – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim mengapresiasi inisiasi Universitas Padjadjaran (Unpad) untuk menjadi hybrid university. Inisiasi tersebut menandakan bahwa perguruan tinggi Indonesia siap untuk bangkit melakukan transformasi.

“Transformasi pendidikan tinggi untuk pembelajaran yang lebih bermakna di masa depan memang harus memanfaatkan teknologi,” kata Nadiem saat memberikan orasi pada Peringatan Puncak Dies Natalis ke-64 Unpad secara virtual, Sabtu, 11 September 2021.

Nadiem menjelaskan, pandemi covid-19 memberi banyak perubahan. Salah satu perubahan yang paling besar adalah di sektor pendidikan. Selama 1,5 tahun terakhir, teknologi berperan besar dalam menunjang proses pembelajaran.

Meski demikian, Nadiem menilai teknologi saat ini membuka peluang lebih besar untuk mentransfer sistem pendidikan Indonesia. Pada era sebelum pandemi, proses pembelajaran, salah satunya di perguruan tinggi, masih banyak yang mengandalkan proses tatap muka. Teknologi dinilai belum maksimal dimanfaatkan.

Padahal, saat ini Indonesia masuk pada era di mana teknologi berperan pada berbagai macam aspek. Untuk itu, integrasi teknologi dengan pendidikan mendorong beragam konten pembelajaran yang dihasilkan dan dimiliki perguruan tinggi seyogianya bisa diakses penuh secara daring.

Nantinya, kata Nadiem, mahasiswa bisa mengakses konten pembelajaran tersebut dari mana saja. Proses pembelajaran tatap muka di kampus kemudian bisa difokuskan untuk melakukan diskusi atau menjalankan proyek dari konten pembelajaran tersebut.

“Teknologi harus benar-benar mengubah cara mahasiswa belajar, khususnya untuk mengejar ketertinggalan selama pandemi,” kata Nadiem.

Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan.