by

Komisi II DPR Menggelar Rapat dengan Mendagri, KPU dan Bawaslu Bahas Pemilu 2024

Inionline.id – DPR RI akan menggelar rapat kerja dengan Mendagri, KPU RI, serta Bawaslu RI, membahas persiapan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024. Rapat akan mengambil keputusan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Anggota KPU RI I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi membenarkan rapat dengan Komisi II DPR RI akan digelar pada Kamis (16/9) pukul 10.00 WIB.

“Betul. Sesuai surat undangan Kamis (16/9), pukul 10.00 WIB akan diselenggarakan RDP di Komisi II,” ujar Dewa kepada wartawan, dikutip Kamis (16/9).

Rapat ini melanjutkan rapat kerja Komisi II DPR RI dengan Mendagri, KPU, dan Bawaslu yang sebelumnya ditunda untuk mengambil keputusan lantaran Mendagri Tito Karnavian tidak bisa hadir karena ada tugas dari Presiden Joko Widodo.

“Dalam surat disebutkan agendanya adalah melanjutkan raker dan RDP tanggal 6 September 2021,” ujar Dewa.

Sebelumnya Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia mengatakan, rapat kerja DPR dengan pemerintah dan penyelenggara Pemilu 6 September lalu untuk membahas kesiapan Pemilu serentak 2024, serta Pilkada 2024. Rapat itu membahas sekaligus mengambil keputusan terhadap pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

“Rapat ini saya diskors dan akan dilanjutkan nanti tanggal 16 September untuk membahas lebih lanjut lagi dan kemudian kita ambil keputusan,” kata Doli, di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (6/9).

Sementara, Ketua KPU Ilham Saputra memang putusan hari pemungutan suara ini harus dipercepat, mengingat banyak hal yang harus dipersiapkan oleh pihaknya.

“Terkait persiapan pemilu ini tentu akan lebih baik jika persetujuan untuk menetapkan pemilihan dan pemilu ini bisa dipercepat, karena memang banyak sekali hal yang perlu kita persiapkan,” kata Ilham.