by

Komisi II DPR Meminta KPU Efisiensi Anggaran Pemilu 2024

Inionline.id – Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa meminta KPU RI melakukan efisiensi anggaran Pemilu 2024. Dalam raker dengan DPR, KPU mengusulkan Rp86 triliun untuk Pemilu 2024 dan Rp26 triliun untuk Pilkada 2024.

“Karena tadi memang, terutama KPU mengusulkan anggaran Rp86 triliun untuk Pemilu dan Rp26 triliun lebih untuk Pilkada. Saya ingin nanti di-exercise juga oleh KPU dan juga mungkin nanti Bawaslu dan DKPP, itu terkait efisiensi anggaran,” ujar Saan saat rapat dengan Mendagri, KPU, Bawaslu dan DKPP membahas Pemilu 2024, Kamis (16/9).

Saan mengingatkan, saat ini kondisi ekonomi tengah kesulitan karena dampak pandemi Covid-19. KPU sebaiknya memahami kondisi dan realitas ekonomi tersebut.

“Jadi tentu ini efisiensi ini menjadi penting dengan memahami kondisi dan realitas ekonomi kita di tengah pandemi Covid-19,” kata dia.

Politikus NasDem ini juga memandang dari segi kerumitan Pemilu 2024. Disebabkan Pemilu nasional dan Pilkada digelar serentak di tahun yang sama.

Ia mengatakan, hal ini membuat beban kerja dan kerumitan bagi penyelenggara Pemilu.

“Karena ada Pilkada ini, sehingga kita harus bener-bener meng-exercise secara detail, karena ada Pilkada yang gak bisa diutak-atik. Ini kan yang menjadi problem,” ujar Saan.