Kacamata Abad 17 yang Akan Dilelang Hampir Rp 50 Miliar

Inionline.id – Dua pasang kacamata dari abad ke-17 akan dilelang oleh rumah lelang Sotheby’s di New York, Amerika Serikat (AS), pada 27 Oktober mendatang. Dua pasang kacamata itu diperkirakan akan terjual hingga jutaan dolar AS.

Kacamata bertatahkan permata dan menampilkan lensa yang terbuat dari berlian dan zamrud ini diyakini milik bangsawan di Kekaisaran Mughal. Kekaisaran Mughal sendiri adalah sebuah negara yang pada masa jayanya memerintah Afghanistan, Balochistan, dan sebagian besar anak benua India antara 1526 dan 1857.

Kacamata itu konon dirancang untuk membantu pemakaianya mendapatkan pencerahan dan menangkal kejahatan. Karena itulah, Edward Gibbs, selaku ketua Sotheby’s di kawasan Timur Tengah dan India, pun mengatakan bahwa kacamata tersebut adalah salah satu contoh barang yang sangat langka dari kerajinan perhiasan Mughal.

“Sejauh yang kami tahu, tidak ada lagi barang yang seperti ini,” papar Edward Gibbs.

Edward Gibbs melanjutkan, kelangkaan kacamata ini berkaitan dengan ukuran lensa batu permata mereka. Lensa pada sepasang kacamata bernama ‘Halo of Light’ misalnya, diyakini telah dipahat dari satu berlian 200 karat yang ditemukan di Golconda. Golconda sendiri merupakan sebuah wilayah yang ada di negara Andhra Pradesh dan Telangana, India.

Penampakan Kacamata Abad 17 yang Akan Dilelang Hampir Rp 50 Miliar (1)

Sementara itu, satu pasang kacamata lainnya yang berwarna hijau yang dijuluki ‘Gate of Paradise’, diyakini telah dipahat dari zamrud Kolombia dengan berat lebih dari 300 karat. Edward Gibbs berspekulasi bahwa dua pasang kacamata itu dimiliki oleh seorang kaisar atau seorang punggawa berpangkat tinggi.

Spekulasi itu muncul karena ukuran batu permata dan warna yang ada pada kacamata tersebut. Menurut Edward Gibbs, batu permata sangat dihargai dalam tradisi Islam dan India, di mana mereka memiliki asosiasi yang kuat dengan spiritual.

“Berlian diasosiasikan dengan ‘cahaya surgawi’ dan ‘pencerahan’ dalam masyarakat India. Sementara itu, hijau adalah warna yang erat dikaitkan dengan surga, keselamatan, dan kehidupan abadi dalam Islam, agama yang dianut oleh para penguasa Mughal,” tambah Gibbs.

Penampakan Kacamata Abad 17 yang Akan Dilelang Hampir Rp 50 Miliar (2)

Meskipun kacamata ini mungkin berusia berabad-abad, namun bentuk dan bingkainya yang berkilauan tampak sangat trendi. Bahkan kilauannya juga mirip dengan kacamata berlian yang dipakai Kylie Jenner di acara Met Gala 2018.

Pihak Sotheby’s memperkirakan bahwa kedua pasang kacamata itu akan terjual dengan harga masing-masing antara 2,1 hingga 3,5 juta dolar AS atau Rp 29,9 hingga 49,8 miliar.

Namun, sebelum dilelang pada Oktober mendatang, kacamata antik ini akan terlebih dahulu dipamerkan ke publik di beberapa kota, seperti New York, Hong Kong, dan London. Khusus untuk di New York, kacamata itu akan dipajang di showroom Sotheby’s pada 17 hingga 19 September mendatang.