Jawa Barat Membawa Dua Misi ke PON XX Papua: Juara Umum-Persahabatan

Olahraga057 views

Inionline.id – Kontingen Jawa Barat (Jabar) menargetkan target juara umum dalam perhelatan PON XX/2020 Papua pada Oktober 2021 mendatang. Gubernur Jabar Ridwan Kamil berharap 770 atlet yang dikukuhkan sekaligus dilepas ke Bumi Cenderawasih hari ini (9/9/2021) di Gedung Sate dan virtual, bisa mempertahankan titel juara umum.

“Pagi tadi kita sudah melepas 770 atlet yang akan berangkat di tanggal 2 Oktober untuk melaksanakan PON XX di Tanah papua, target kami juara 1, juara umum tetap dipertahankan seperti tahun 2016 (PON XIX),” ujar Ridwan Kamil di Bandung.

Seperti diketahui, pada perhelatan PON XIX/2016 lalu Jabar keluar sebagai juara umum. Saat itu, Jabar mengoleksi 531 medali dengan 217 emas, 157 perak dan 157 perunggu. Prestasi itu merupakan raihan terbaik Jabar dalam meraih medali emas sepanjang PON digelar sejak 1951.

“Mudah-mudahan hasil hitungan kami tidak meleset, 164 medali emas bisa Jabar dapatkan,” tutur pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Kang Emil mengatakan Jabar memiliki misi tambahan selain menjadi juara umum di Papua. Misi tersebut adalah misi kebudayaan dengan mengemas pesan bahwa Jabar adalah sahabat Papua.

“Ada tim kesenian juga, tim kebudayaan yang tetap menyertai perjalanan atlet-atlet kita di sana. Kami menitipkan Ketua KONI Jabar dan jajaran agar kondusivitas, keamanan, logistik untuk atlet Jabar dihitung dan diskenariokan sebaik-baiknya, pergi dengan semangat prestasi dan pulang membawa kemenangan dan kebahagiaan. Saya juga akan berangkat juga pada satu atau dua kesempatan menyemangati atlet Jabar,” ujar Kang Emil.