by

Ini 6 Jenis Investasi Properti yang Menguntungkan

Inionline.id – Properti dianggap sebagai salah satu jenis investasi yang cukup menguntungkan lantaran mampu memberikan pemiliknya pendapatan rutin setiap bulan.

Di samping itu, investasi properti banyak diminati karena nilai aset cenderung mengalami peningkatan seiring waktu. Kenaikan pasti secara bertahap dianggap investor lebih menjanjikan untuk jangka waktu panjang.

Berikut investasi properti yang menguntungkan yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

1. Indekos
Kos-kosan termasuk investasi properti yang menguntungkan
Jika Anda memiliki rumah dengan banyak kamar dan cukup luas, tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan indekos atau kos-kosan.

Kos-kosan membuat Anda memperoleh pendapatan bulanan dari uang sewa kos dengan nominal beragam bergantung fasilitas dan lokasi.

Kos-kosan juga minim pemeliharaan, apalagi jika bangunan rumah termasuk baru jadi atau baru direnovasi.

2. Kontrakan
Jika memiliki lahan luas dan nganggur, banyak ide yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola lahan tersebut menjadi cuan menguntungkan. Salah satunya kontrakan.

Kontrakan hampir menyerupai kos-kosan namun membutuhkan lahan yang lebih luas.

Keunggulan kontrakan dari kos-kosan adalah lokasi tidak terlalu berpengaruh karena setiap orang membutuhkan tempat tinggal.

Walau tidak dekat dengan pusat bisnis, perkantoran, dan kampus, kontrakan tetap dibutuhkan, apalagi jika harga sewanya relatif murah.

3. Homestay
Homestay termasuk investasi properti yang menguntungkan
Saat ini banyak pemilik rumah yang mendesain ulang rumahnya dengan gaya unik dan menarik.

Penginapan jenis ini bisa dibilang cukup menjanjikan dan banyak dicari dalam beberapa waktu terakhir lantaran mampu menampung banyak pengunjung sekaligus.

Sebagai pemilik, Anda perlu memperhitungkan harga furniture dan fasilitas lainnya untuk mengisi homestay.

Namun tak perlu khawatir, seiring dengan minat yang tinggi, return homestay terbilang cepat apalagi jika dipromosikan secara luas dan memanfaatkan situs jasa sewa seperti AirBnB dan sejenisnya.

4. Ruko
Investasi properti yang menguntungkan selanjutnya berupa ruko pertokoan. Semakin strategis lokasinya, semakin tinggi harga sewa properti tersebut.

Saat ini, ruko sering dibangun bertingkat setidaknya dua lantai. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menyewakan bangunan ruko secara terpisah.

Misalnya, lantai 1 untuk pemanfaatan usaha atau bisnis, sedangkan lantai atas disewakan sebagai hunian. Sebab ada kalanya ruko bertingkat yang disewakan sekaligus membuat calon penyewa terbebani dengan harga.

Dengan menyewakannya terpisah, memungkinkan Anda mendapat keuntungan lebih serta pemasukan yang berkelanjutan.

5. Apartemen
Apartemen termasuk investasi properti yang menguntungkan
Investasi properti apartemen juga bergantung pada lokasi. Semakin strategis dan lengkap fasilitas apartemen, tentu semakin mahal harganya.

Walau begitu, apartemen tetap banyak dicari orang. Apartemen disukai mereka khususnya kaum urban yang menyukai gaya hidup praktis dan minimalis.

Harga sewa apartemen bisa melebihi harga sewa indekos atau kontrakan per bulannya. Selain itu, harga jual apartemen juga berpotensi lebih tinggi ketimbang harga belinya.

6. Coworking space
Investasi tempat perkantoran zaman kiwari cukup tinggi seiring dengan tingginya permintaan. Berjamurnya perusahaan rintisan atau startup di Indonesia turut mendongkrak permintaan coworking space.

Sebagian besar perkantoran sejenis akan membutuhkan tempat memadai untuk menjalankan usaha sekaligus membangun komunitasnya.

Idealnya, coworking space punya lokasi strategis atau berada di pusat bisnis.

Itulah rekomendasi investasi properti yang menguntungkan.

Apa pun jenis investasi properti yang dipilih, pastikan legalitas surat-surat resmi dan tidak bermasalah. Asuransikan juga properti guna menekan kerugian jika terjadi hal yang tidak dikehendaki.