Ini 5 Manfaat Sehat yang Bisa Kamu Peroleh dari Mengkonsumsi Kuaci Bunga Matahari

Kesehatan157 views

Inionline.id – Salah satu cara menyenangkan yang bisa dilakukan untuk menemani menonton film adalah dengan mengonsumsi cemilan. Sayangnya hal ini sering dianggap sebagai cara yang tak sehat.

Pilihan jenis makanan yang jadi cemilanmu bisa menjadi menyehatkan atau tidak. Hal ini bisa berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan maupun pada lingkar perut.

Sejumlah cemilan yang tak sehat seperti keripik serta goreng-gorengan berminyak lainnya bisa berdampak buruk pada kesehatan. Namun sejumlah cemilan lain yang sehat bisa berdampak positif pada kesehatan.

Salah satu cemilan sehat yang bisa kamu konsumsi adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Lebih khusus, cemilan sehat yang memiliki rasa lezat dan harga murah adalah kuaci bunga matahari.

Kuaci bisa kamu beli dengan harga relatif murah dan kamu sudah mendapat cukup banyak untuk dikonsumsi dan menghabiskan waktu, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh dari konsumsi kuaci bunga matahari.

Membantu Pemulihan Tubuh Usai Olahraga

Untuk memberi tenaga bagi olahraga, kamu butuh makanan yang tepat untuk memenuhi nutrisi dan elektrolit yang hilang karena olahraga dan membantu proses pemulihan. Kuaci bunga matahari memiliki kandungan Thiamin (vitamin B1) yang bermanfaat untuk mengatur produksi energi di tubuh, membangun otot, transmisi darah, serta mengembalikan keseimbangan vital di tubuh.

Menyeimbangkan Fungsi Hormon

Kuaci bunga matahari memiliki 100 jenis enzim di dalamnya yang mampu mengatur keseimbangan hormon dalam tubuh. Bagi wanita, ensim dalam kuaci ini bisa menyeimbangkan produksi estrogen dan progesteron yang bermanfaat terhadap kondisi PMS, tiroid, dan morning sickness. Selain itu, kandungan pada buah cemilan ini juga mampu menjaga keseimbangan tubuh.

Mengatur Lemak Tubuh

Kandungan kaya magnesium dari kuaci bunga matahari bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan menghilangkan racun serta lemak dari dalam tubuh. Dalam jangka panjang, cemilan ini juga mampu menurunkan risiko masalah kardiovaskular.

Membuat Perut Terasa Kenyang

Kuaci bunga matahari bisa menurunkan tingkat kolesterol buruk dan memiliki kandungan kalori baik di dalamnya. Sejumlah hal tersebut bisa membuatmu kenyang lebih lama tanpa harus makan secara banyak.

Baik untuk Pencernaan

Manfaat lain dari kuaci bunga matahari berasal dari manfaatnya untuk meredakan gejala yang berhubungan dari konstipasi dan saluran pencernaan. Encim yang berada di kuaci bisa mengatur pencernaan dan menghilangkan racun tak perlu dari tubuh untuk memastikan perut berfungsi secara maksimal.

Sejumlah manfaat sehat tersebut bisa kamu peroleh dari konsumsi kuaci bunga matahari. Sebaiknya, ganti cemilanmu yang tak sehat menjadi kuaci untuk mendapat manfaat sehatnya.