Ini 4 Hal yang Bisa Menjadi Penanda ketika Gula Darah Tiba-Tiba Melonjak

Kesehatan157 views

Inionline.id – Diabetes merupakan salah satu penyakit yang diderita banyak orang di dunia. Ketika mengalami masalah kesehatan ini, seseorang perlu untuk melakukan perubahan gaya hidup.

Pada saat berpuasa seperti sekarang, penderita diabetes perlu mewaspadai melonjaknya gula darah dengan cepat. Hal ini bisa berpengaruh pada pembuluh darah, saraf, serta organ tubuh.

Cara terhindar dari diabetes adalah dengan mengendalikan tingkat gula darah. Melonjaknya tingkat gula darah bisa menimbulkan masalah pada tubuh.

Untuk mengenali risiko ini, kamu perlu memperhatikan tanda-tanda ketika kadar gula darah meningkat, berikut sejumlah tanda yang bisa kamu kenali.

Sering Buang Air Kecil

Seseorang dengan tingkat gula darah yang tinggi cenderung lebih sering buang air kecil. Normalnya, seseorang buang air kecil 4-7 kali sehari, sedangkan seseorang dengan gula darah tinggi lebih dari itu.

Hal ini terjadi karena ginjal tidak dapat memproses gula berlebih di darah sehingga kencing menjadi cara mengeluarkannya. Ketika kamu lebih sering buang air kecil dibanding biasanya, maka kamu perlu waspada.

Kelelahan

Rasa lelah yang terus muncul merupakan tanda bahwa gula darah meningkat. Hal ini bakal berbahaya ketika rasa lelah muncul setiap kamu baru makan. Kamu perlu mewaspadainya terutama jika hal ini terjadi setelah mengonsumsi karbohidrat.

Meningkatnya Rasa Haus

Sering buang air kecil akibat meningkatnya gula darah bisa membuatmu menjadi dehidrasi. Normalnya, hal ini bukan pertanda meningkatnya gula darah, namun kamu tetap perlu waspada ketika hal ini terjadi secara berulang.

Pandangan Memburam

Pandangan memburam merupakan gejala lain dari meningkatnya gula darah. Hal ini terjadi ketika gula berlebih terperangkap di mata sehingga menyebabkan pandangan memburam.

Pusing

Pusing bisa menjadi tanda dari berbagai masalah kesehatan termasuk diabetes. Ketika rasa pusing ini muncul bersamaan dengan sejumlah gejala lain, maka hal ini bisa menjadi tanda dari tingginya tingkat gula darah.

Sistem Imun Menurun

Meningkatnya kadar gula darah juga melemahkan sistem ekebalan tubuh. Hal ini bisa membuat tubuh kesulitan dalam melawan infeksi. Hal ini membuatmu menjadi lebih mudah sakit ketika kamu mengalami kadar gula darah tinggi.

Berbagai hal ini merupakan penanda awal kadar gula darah tinggi dan bisa berujung komplikasi jika tidak segera ditangani. Ketika kamu mengalami sejumlah gejala tersebut terutama secara bersamaan, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.