Indonesia Akan Mempunyai 8.000 Guru Penggerak Baru di Oktober 2021

Pendidikan157 views

Inionline.id – Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus melakukan perekrutan calon guru untuk program Guru Penggerak. Kini program pendidikan untuk guru penggerak sudah memasuki angkatan keempat.

Kemendikbudristek pun memproyeksikan akan ada delapan ribu guru penggerak pada Oktober 2021 nanti. Mereka akan digembleng menjadi guru yang hebat bak masuk kawah candradimuka.

“InsyaAllah Oktober, delapan ribu Guru Penggerak akan masuk kawah candradimuka pendidikan dan langsung kita songsong dengan angkatan kelima,” kata Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (PPP GTK) Kemendikbudristek, Praptono  dalam Silaturahmi Merdeka Belajar, Kamis, 16 September 2021.

Dia berharap setelah menjalani pendidikan guru penggerak, para guru Indonesia memiliki karakter mandiri dan bertanggung jawab. Baik bertanggung jawab pada diri sendiri maupun pengembangan pada guru lain.

“Kita ingin guru Indonesia ini berpihak pada murid, jadi kalau ditanya tujuan pembelajaran jawabnnya adalah murid,murid,murid,” sebut dia.

Keluar dari candradimuka guru pun dapat melaksanakan pembelajaran yang baik. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi.

“Dan tentu merefleksi dan melakukan inovasi pengembangan sekolah,” tutup dia.