Ganjil-Genap Margonda Depok Diyakini Efektif Bila Berlaku Juga untuk Motor

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Pemkot Depok berencana melakukan uji coba ganjil genap bagi kendaraan roda empat di Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat. Ganjil genap dianggap bisa efektif bila berlaku juga buat sepeda motor.

“Berlaku untuk semua kendaraan bermotor baik mobil dan motor pribadi, tidak bisa hanya mobil saja karena jumlah pengendara motor justru lebih banyak,” tutur pengamat tata kota Nirwono Yoga kepada detikcom, Rabu (22/9/2021).

Selain itu, ganjil genap dapat efektif bila kawasan Jalan Margonda sudah terintegrasi dengan transportasi umum. Kemudian, kawasan Margonda, terang Yoga, harus memiliki trotoar yang baik sehingga warga termotivasi untuk jalan kaki tanpa menggunakan kendaraan.

“(Gage bakal efektif bila) pembatasan (ganjil genap) berlaku sepanjang hari, minimal pada jam sibuk jam 5-9 dan 16-21,” ucap Yoga.

Sementara itu, peneliti tata kota dari Universitas Trisakti, Yayat Supriatna mengutarakan sejumlah catatan yang harus diperhatikan oleh Pemkot Depok. Salah satunya terkait kemacetan di jalan tol efek dari ganjil genap di Jalan Margonda.

“Impact nya kemungkinan akan menimbulkan kepadatan di jalan tol Depok yang ke arah Jagorawi, maka jalan-jalan terdampak itu yang harus dipertimbangkan,” tutur Yayat.

“Kedua, seberapa besar kemampuan jalan-jalan alternatif itu untuk menampung lebih dari 50% perjalanan yang selama ini bebas (melintas) di Jalan Margonda,” lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan, Satlantas Wilayah Depok akan menguji coba ganjil-genap di Jalan Margonda Raya. Ganjil-genap ini hanya berlaku untuk kendaraan roda empat.

“Tentu sosialisasi dulu, terus uji coba. Belum tahu kapan diberlakukan dan rencana khusus mobil saja,” kata Kanit Laka Polres Metro Depok AKP Rasman kepada wartawan, Selasa (21/9).

Rasman berharap nantinya ganjil-genap ini dapat mengendalikan mobilitas masyarakat untuk menekan laju penyebaran virus Corona (COVID-19).

“Tentunya untuk protokol kesehatan dan pengendalian mobilitas guna pencegahan penyebaran COVID-19,” tuturnya.

Rasman mengatakan ganjil-genap ini rencananya diterapkan di kedua arah Jalan Margonda Raya mulai simpang Arif Rahman Hakim sampai flyover Universitas Indonesia (UI).