Dewan Jabar M Ichsan Bersama Warga Desa Bojongkulur Bogor Helat Acara Susur Sungai Cikeas

Antar Daerah157 views

Bogor, Inionline.Id – Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Mochamad Ichsan Maoluddin bersama anggota DPRD Kabupaten Bogor, Achmad Fathoni, Komunitad Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C), dan seluruh elemen warga Desa Bojongkulur, Kabupaten Bogor menggelat giat Susur Sungai Cikeas, Sabtu (11/09/2021).

Dari hasil penelusuran sungai Cikeas selama dua jam, M Ichsan menemukan bahwa kontur sungai Cikeas kalau dikelola dengam baik potensinya sangat luar biasa.

“Namun yang sangat menggangu adalah sampah, karena aliran sungai Cikeas ini pernah terkondisikan dengan banjir ditahun 2020, jadi posisi kita bisa membayangkan posisi sungai yang ada dibawah, perumahan yang ada diatasnya itu terendam air hingga setinggi dada orang dewasa, jadi bisa dibayangkan sampahnya luar biasa,” ujar Ichsan.

Lebih lanjut, Ichsan bersama peserta susur sungai Cikeas menemukan area khusus pembuangan sampah yang kelihatannya disengaja.

“Kedua, melihat potensi alamnya, ini di Provinsi Jawa Barat sedang membuat Raperda desa wisata, semangat di desa kita ini akan merubah mindset dari desa bencana menjadi desa wisata,” ungkap Ichsan.

Persiapan penebaran benih ikan oleh peserta susur sungai Cikeas, Sabtu (11/09/2021).

­Dirinya pun mengatakan bahwa pekerjaan rumah kedepannya adalah bagaimana seluruh elemen di sekitar sungai Cikeas untuk rajin bersih-bersih disepanjang aliran sungai.

“Kedepan ada wacana normalisasi sungai Cikeas, namun saat ini kondisinya masih wait and see, prosesnya tidak hanya mengatasi pendangkalan saja dengan dikeduk tetapi juga sungai dilebarkan antara 15 sampai dengan 22 meter,” imbuhnya.

Firman Riansyah selaku Kepala Desa Bojongkulur mengatakan bahwa dengan situasi dan kondisi sungai Cikeas yang saat ini masih rentan dengan musibah banjir dirinya berharap agar masyarakat merubah persepsinya tentang sungai bahwa yang tadinya sungai Cikeas sumber musibah kedepannya sungai Cikeas menjadi sumber berkah.

“Membawa keberkahan untuk lingkungan, masyarakat, baik ekosistemnya maupun bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat setempat dengan usaha wisata sungai,” pungkasnya.

Dirinya pun sudah mencatat apa saja masalah yang ditemukan dari susur sungai Cikeas yang selanjutnya akan disampaikan kepada instansi terkait di Pemda Kabupaten Bogor khususnya Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perikanan dan Peternakan, Satgas Lingkungan Hidup supaya potensi-potensi sampah bisa lebih ditertibkan lagi. (JC)