COVID-19 Varian Mu Jangan sampai Masuk RI, Ini Wanti-wanti dari Pemerintah

Nasional057 views

Inionline.id – COVID-19 varian Mu perlu diwaspadai agar tidak masuk ke Indonesia. Lalu, bagaimana ancang-ancang pemerintah mengantisipasi COVID-19 varian Mu? Simak uraian di bawah ini.

COVID-19 varian Mu atau B.1621 sudah dikategorikan sebagai variant of interest (VoI) oleh WHO. Varian ini pertama kali ditemukan di Kolombia dan diperkirakan sudah menyebar ke sekitar 40 negara.

Pemerintah memastikan Corona varian Mu belum masuk ke Indonesia. Namun Presiden Joko Widodo hingga sejumlah pejabat sudah mulai angkat bicara mengantisipasi masuknya varian ini.

Berikut wanti-wanti pemerintah agar COVID-19 varian Mu jangan sampai masuk ke Indonesia.

Arahan Jokowi ke Menhub soal COVID-19 Varian Mu

Covid-19 Varian Mu sempat dibahas Presiden Jokowi saat rapat terbatas (ratas) dengan jajaran. Kepada Menhub Budi Karya Sumadi, Jokowi memerintahkan agar akses perjalanan diperketat.

“Saya juga ingin perhatian kita semuanya yang berkaitan dengan perhubungan, Pak Menteri Perhubungan yang berkaitan dengan varian baru, varian Mu betul-betul agar kita lebih waspada dan detail jangan sampai ini merusak capaian yang sudah kita lakukan,” kata Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas evaluasi PPKM yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (6/9) kemarin.

Menhub Siapkan Langkah Antisipasi COVID-19 Varian Mu

Untuk mengantisipasi COVID-19 varian Mu masuk ke Indonesia, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bakal menyiapkan strategi. Dia pun meminta jajarannya berkoordinasi dengan pihak terkait. Misalnya Kemenlu, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kemenkes, Satgas Penanganan COVID-19, Ditjen Imigrasi, dan pihak lainnya.

“Sesuai arahan bapak Presiden RI Joko Widodo yang memerintahkan kepada kami untuk mencegah masuknya varian baru COVID-19 ke Indonesia, kami segera menyiapkan langkah-langkah untuk mengantispasinya,” kata Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (7/9/2021).

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga sudah angkat bicara soal COVID-19 varian Mu.

Antisipasi COVID-19 Varian Mu: Luhut Minta Masyarakat Patuh Prokes

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah agar COVID-19 varian Mu tidak masuk ke Indonesia adalah disiplin protokol kesehatan. Pemerintah juga mendorong seluruh pihak kompak agar dapat memerangi varian ini.

“Saya sekali lagi mengimbau kita semua supaya kompak untuk disiplin, saling mengingatkan, supaya kita jangan kena lagi gelombang ketiga,” kata Luhut dalam konferensi pers, Senin (6/9) kemarin.

“Karena tadi sudah dijelaskan ada tadi varian Mu dan juga ingin saya ingatkan kalau ini berlanjut seperti ini terus akan bisa timbul varian-varian lain kita tidak tahu apakah lebih dahsyat atau lebih keras atau bagaimana,” katanya.

Itulah sederet wanti-wanti pemerintah dalam mengantisipasi COVID-19 varian Mu. Jangan lupa untuk patuhi protokol kesehatan dan mengurangi mobilitas agar lonjakan kasus tidak kembali terjadi.