Belanja di Supermarket ternyata Mempunyai Manfaat untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Kesehatan157 views

Inionline.id – Saat ini, semakin banyak orang yang beralih ke situs e-commerce atau lapak dagangan di Instagram untuk berbelanja. Bahkan sayur-mayur dan buah saja sekarang bisa didapatkan secara online. Walaupun begitu, supermarket dan pasar tradisional tetap tak kekurangan pembeli. Selain harganya lebih murah, ternyata belanja barang kebutuhan sehari-hari di supermarket dan pasar punya manfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Pergi ke supermarket atau pasar memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan baik fisik maupun mental. Bahkan bagi ibu rumah tangga ada sensasi yang berbeda saat melihat langsung berbagai produk sambil memerhatikan hal lain yang akan dibeli.

Bikin Tubuh Aktif Bergerak

Dikutip dari KlikDokter, manfaat pertama saat seseorang memutuskan untuk belanja secara offline adalah membuat tubuh aktif bergerak. Aktivitas fisik seperti berjalan melihat-lihat bahan makanan bagus untuk kesehatan, apalagi buat mereka yang ingin mengendalikan berat badan. Pasalnya, kegiatan fisik ini bisa membakar kalori cukup banyak. Setidaknya, Anda bisa menempuh 500-1000 langkah tanpa disadari.

Tak hanya itu, dengan aktif bergerak seseorang dapat meningkatkan kesehatan otak, menurunkan risiko penyakit, memperkuat tulang dan otot, serta meningkatkan kemampuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan, aktivitas berjalan dapat mengurangi risiko kematian dini akibat penyakit jantung dan beberapa jenis kanker ganas.

Aktivitas fisik seperti berjalan di supermarket dan pasar juga berkaitan dengan kesehatan mental. Ganti suasana sambil melihat-lihat produk yang disukai bisa membantu melepaskan stres dan penat. Efeknya sama seperti retail therapy alias cuci mata di mal. Akibatnya, daya ingat meningkat. Suasana hati jadi bagus dan kualitas tidur juga lebih baik.

“Manfaat itu muncul karena kita pergi ke tempat yang memang kita suka dan dengan suasana yang berbeda dari suasana rutinitas kita,” ungkap psikolog, Ikhsan Bella Persada seperti dikutip dari Klikdokter.

Terlebih lagi, lanjut Ikhsan, ketika ke supermarket menemukan sesuatu yang memang dicari atau dibutuhkan. “Itu bisa membantu memberikan rasa senang sehingga memperbaiki mood kita,” sambungnya.

Namun, Ikhsan mengingatkan untuk tidak impulsif dalam berbelanja. Jika Anda punya kecenderungan ini, sebaiknya hindari tempat-tempat berbelanja agar pikiran tidak malah stres setelah belanja gila-gilaan.

Sebelum belanja ke supermarket atau pasar, buatlah perencanaan bahan makanan yang ingin dibeli. Buat daftar belanjaan agar aktivitas berbelanja tak sampai di luar kendali. Usahakan sebagian besar produk yang dibeli adalah makanan sehat. Terakhir, jangan lupa perketat protokol kesehatan.