Asesmen Nasional SMP, Sekolah Tatap Muka Jakarta Tetap Berjalan

Pendidikan157 views

Inionline.id – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Jakarta tetap dilanjutkan meski pada Senin (4/10) mendatang akan dilaksanakan asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) tingkat SMP.
Kebijakan itu berbeda ketika pelaksanaan ANBK tingkat SMA pada 27-30 September, dimana PTM semua jenjang pendidikan sempat dihentikan dan akan dilanjutkan pada 1 Oktober.

“Setelah kita kaji, tanggal 1 ini kan pelaksanaan PTM yang 1.509 sekolah. Hari Senin (4 Oktober) kan ANBK SMP tuh, yang tidak PTM yang ANBK aja. Jadi yang SD, SMA, PAUD, SMK, SLB, PKBM, RA, MTS, MA itu PTM seperti sedia kala,” kata Humas Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Taga Radjagah saat dikonfirmasi, Kamis (30/9).

Ia mengatakan kebijakan itu diambil pihaknya lantaran tidak banyak siswa dalam satu sekolah yang melaksanakan ANBK. Selain itu, para guru dan orang tua juga meminta PTM dilanjutkan.

“Yang ikut enggak terlalu banyak. Kedua, keinginan dari orang tua yang sudah lulus pelatihan, guru-guru, kepala sekolah. Kita kan membuka diri untuk menerima masukan dari segala unsur. Makanya untuk Senin besok walaupun jadwal ANBK SMP, yang enggak PTM hanya ANBK saja,” katanya.

Ia mengatakan, jadwal ANBK SMP hanya berlangsung 4 hari. Setelahnya tingkat SMP bisa kembali melakukan PTM.

“Nanti kembali ketemu ANBK bulan November, itu SD. Jadi ANBK SD, hanya SD saja yang tidak PTM,” katanya.

Diketahui, sebelumnya Disdik Jakarta menambah jumlah sekolah yang diizinkan untuk menggelar PTM terbatas.

Penambahan itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nomor 984 Tahun 2021 tentang penetapan satuan pendidikan yang melaksanakan PTM Terbatas tahap II pada masa PPKM.

“Menetapkan satuan pendidikan yang melaksanakan PTM campuran tahap II pada masa PPKM,” dikutip dari SK, Sabtu (25/9).

Dalam SK, ada 899 sekolah yang terdiri dari 809 sekolah umum dari tingkat TK hingga SMA dan SMK, serta 90 madrasah mulai tingkat RA sampai MA, yang diizinkan untuk PTM.

Dengan tambahan ratusan sekolah itu, maka total ada 1.509 sekolah di Jakarta yang menggelar PTM. Sebelumnya, sudah ada 610 sekolah yang menggelar PTM terbatas tahap 1 sejak akhir Agustus lalu.

Namun sejak Senin (27/9) hingga Kamis (30/9) PTM dihentikan sementara untuk semua jenjang pendidikan karena adanya pelaksanaan ANBK tingkat SMA.