by

Anies Menyiapkan Sistem Tarif Transportasi Lebih Murah untuk Pensiunan-Pelajar

Inionline.id – Pemprov DKI Jakarta bersama stakeholder terkait tengah mengembangkan tiket integrasi melalui kartu dan aplikasi Jaklingko. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengupayakan ada tarif lebih murah untuk para pensiunan hingga pelajar.

“Sistem ini bukan saja lebih nyaman, tapi insyaallah berkeadilan. Karena jika sudah tuntas proses integrasinya, sistem ini memungkinkan ada price differentiation. Kita akan bisa memberikan harga berbeda untuk penumpang berbeda,” kata Anies di Stasiun Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (29/9/2021).

Anies mengatakan kebijakan ini sudah diterapkan di sejumlah negara di dunia. Dia mencontohkan biaya transpor untuk pensiunan, pelajar, dan guru yang bisa lebih murah.

“Misal para veteran dan pensiunan diberikan harga lebih murah, kepada para pelajar diberikan harga lebih murah. Jadi kita bisa menerapkan sistem itu pada guru, pensiunan guru dan orang berjasa,” jelasnya.

Eks Mendikbud itu menilai penyesuaian tarif ini sebagai reward terhadap suatu golongan. Jadi, di masa yang akan datang, Jakarta menjadi terobosan baru terhadap perubahan subsidi barang menjadi perorangan di Indonesia.

“Di berbagai wilayah dunia tahu persis, makanya sering digunakan honorarium, itu bukan upah itu kehormatan. Kita berharap dengan ada sistem baru ini, nantinya differentiation price akan dilakukan,” ujarnya.

“Ini diharapkan menjadi inovasi karena mengonversikan subsidi barang menjadi orang,” sambung Anies.