Ancaman Roboh Jembatan Dayeuh Kolot, M Ichsan Pastikan Komisi IV DPRD Jabar Dorong Percepatan Renovasinya

Antar Daerah157 views

Bandung, Inionline.id – Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Mochamad Ichsan Maoluddin menyatakan dirinya bersama Komisi IV siap mendorong percepatan renovasi jembatan Dayeuhkolot yang diresmikan pada tahun 1951.

“Pada tahun 2009 itu sudah dibangun ruas sebelahnya dipakai sampai sekarang otomatis yang 1951 itu nganggur dan tidak diperkenankan kendaraan berat untuk melintasnya, di DED sudah dianggarankan ditahun 2022 tetapi pembangunannya 2023,” ujar M Ichsan, Rabu (08/09/2021).

Legislator asal Kabupaten Bogor ini juga mengatakan, karena usia jembatan sudah 70 tahun sudah terlihat tulang-tulang penyangga jembatan sudah mulai retak-retak.

“Makanya sangat dikhawatirkan, orang yang tidak tahu atau motor sih bebas melintas, namun jika kendaraan roda 4 atau tronton itu sangat mengkhawatirkan sekali,” katanya.

Untuk sehari-hari akses jembatan tua tersebut sudah ditutup dan jalan tersebut berstatus jalan Provinsi Jawa Barat.

M Ichsan pun berharap agar sisi kiri dan kanan jalan bisa dipakai sehingga, secara otomatis melerai kemacetan.

“Jadi selama ini jembatan yang sudah berhasil dibangun ditahun 2009 kemarin yang menjadi lalu lintas dan intensitas kendaraan yang melintas cukup padat, artinya jika itu ada berarti lebih enak untuk dibuat satu jalur satu jalur, kalau ini satu jembatan itu dua jalur,” pungkasnya.

Komisi IV sendiri telah meninjau langsung jembatan Dayeuhkolot senin kemarin (06/09/2021), dimana jembatan tersebut menghubungkan dua kecamatan yaitu Baleendah dan Dayeuhkolot.