by

Airlangga Ungkap Jokowi Minta Mengkaji Soal Biaya Logistik Naik

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajaran menterinya untuk menangani lonjakan biaya logistik. Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Bapak Presiden meminta agar logistik ini dikaji secara mendalam karena kenaikan (biaya) logistik),” ungkap Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (8/9).

Airlangga menjelaskan jumlah kapal yang beredar berkurang. Hal ini terjadi di tengah pandemi covid-19.

“Kejadian di level global akibat dari pandemi covid-19 di mana jumlah kapal yang beredar berkurang,” terang Airlangga.

Sementara, pembangunan kapal baru juga masih dalam proses. Dengan demikian, biaya logistik bergerak naik. Untuk itu, kata Airlangga, pemerintah meminta bantuan kepada pemilik kontainer dalam menangani masalah kenaikan biaya logistik.

“Maka tentu tadi ada usulan agar pemilik kontainer ini untuk dikumpulkan dan diminta bantuan agar bisa membantu terkait dengan kontainer,” jelas Airlangga.

Diketahui, Jokowi baru saja menggelar pertemuan dengan dengan sejumlah pengusaha. Beberapa yang hadir dalam pertemuan tersebut, antara lain Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).