7 Makanan ini yang Sering Dianggap Sehat Padahal Sebaliknya

Kesehatan057 views

Inionline.id – Mengonsumsi makanan sehat merupakan sebuah hal yang perlu dilakukan sehari-hari. Hal ini bisa sangat berguna dalam menjaga kesehatan dan menguatkan tubuh.

SAyangnya, sejumlah makanan yang kerap disangka sehat ternyata memiliki kandungan sebaliknya. Terdapat kemungkinan adanya kandungan berbahaya atau bahkan bisa memupuskan manfaat sehat dari makanan lain.

Sejumlah makanan ini sebenarnya kerap kita konsumsi sehari-hari tanpa menyadari secara pasti kandungannya. Walau kerap disadari bahwa makanan ini sehat, namun sesungguhnya yang tersimpan adalah sebaliknya.

Pada makanan terutama dalam bentuk kemasan, penting untuk selalu memperhatikan label yang menempel. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah makanan ‘sehat’ yang ternyata tidak begitu sehat.

Dressing Salad dan Jus Buah

Dressing Salad Kemasan

Sayuran memiliki kandungan sehat di dalamnya. Walau begitu, banyak orang yang menyiasati rasa sayur ini dengan menggunakan dressing salad kemasan. Sayangnya, campuran makanan ini cenderung tinggi gula, minyak sayur, lemak, trans, serta sejumlah kandungan tak sehat lainnya.

Jus Buah

Jus buah kemasan sesungguhnya lebih banyak merupakan air gula dengan perasa buah saja. Bahkan pada jus yang benar-benar berasal dari buah, kandungan gula berlebih serta proses pembuatannya bisa membuat kandungan sehat di dalamnya jadi menghilang.

Makanan Olahan

Makanan Olahan Rendah Karbohidrat

Walau memiliki kandungan rendah karbohidrat, namun makan olahan tetap memiliki kandungan tak sehat di dalamnya. Sejumlah makanan juga mengandung banyak pengawet sehingga bisa menghilangkan manfaat sehat di dalamnya.

Makanan Vegan Olahan

Makanan olahan memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Walau sejumlah makanan menggunakan label vegan, namun proses pengolahan yang terjadi menyebabkan manfaat sehat di dalamnya menjadi memudar.

Minyak Sayur dan Sereal Olahan

Makanan Organik Olahan

Makanan organik merupakan hal yang tengah menjadi perhatian dan kesukaan pada saat ini karena manfaat sehatnya. Namun pada makanan organik olahan, terdapat penambahan atau penggantian sejumlah bahan di dalamnya seperti gula tebu organik yang hanya berisi rasa manis tanpa nutrisi.

Minyak Sayur

Walau dianggap sehat dan bermanfaat bagi tubuh, minyak sayur sesungguhnya tidak sesehat yang digembor-gemborkan. Walau rendah kolesterol, namun sebuah percobaan mengungkap bahwa hal ini bisa menimbulkan penyakit jantung dan masalah mental.

Sereal Sarapan Olahan

Sejumlah sereal sesungguhnya memiliki kandungan yang tak benar-benar menyehatkan. Pada sejumlah sereal tertentu, kandungan tepung olahan, gula, serta zat kimia buatan banyak di dalamnya.

Sejumlah makanan ‘sehat’ tersebut ternyata tidak memiliki manfaat sebesar seperti yang dipercaya. Mengganti dengan pilihan makanan yang lebih alami bisa mencegah munculnya masalah kesehatan lebih lanjut.