4 Kabar PPKM Jawa Bali Terbaru Menjelang Pengumuman Pemerintah

Berita157 views

Inionline.id – Ada beberapa kabar PPKM Jawa-Bali terbaru menjelang pengumuman pemerintah hari ini. Mulai dari Jakarta hingga Jatim, ada berita-berita paling update terkait kondisi saat PPKM.

Seperti diketahui, periode sepekan PPKM Jawa Bali berakhir hari ini, Senin (13/9/2021). Layaknya pekan-pekan sebelumnya, pemerintah akan memberi pengumuman apakah PPKM diperpanjang atau tidak hingga apakah ada penyesuaian aturan.

Selama sepekan PPKM Jawa-Bali terbaru, ada beberapa penyesuaian aturan di antaranya soal tempat wisata. Di sisi lain, aparat juga tetap menindak tegas kerumunan atau lokasi yang melanggar aturan PPKM.

Berikut ini kabar PPKM Jawa Bali terbaru selama sepekan terakhir:

Kabar PPKM Jawa Bali Terbaru dari Jakarta

Kabar terbaru PPKM Jawa Bali di Jakarta adalah soal crowd free night (CFD). Crowd free night di Jakarta digelar pada akhir pekan untuk mengurangi mobilitas masyarakat dan mencegah kerumunan.

“Pertama, kami imbau akan kepatuhan prokes, kedua kita libatkan Satpol PP yang nanti melakukan penindakan ke tempat-tempat umum yang terdapat kerumunan,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Jumat (10/9).

Patrol skala besar dilakukan oleh petugas gabungan, yakni TNI-Polri, Satpol PP, juga Dinas Perhubungan (Dishub). Setidaknya, ada 580 personel yang dikerahkan dalam patrol skala besar.

Sejauh ini, crowd free night di Sudirman-Thamrin, kawasan SCBD, kawasan Asia-Afrika, hingga kawasan Kemang dinilai efektif. Kemungkinan lokasi crowd free night ditambah terbuka.

Kabar PPKM Jawa Bali Terbaru dari Surabaya

Kabar PPKM Jawa Bali terbaru dari Surabaya adalah soal penggerebekan karaoke yang nekat buka. Petugas menggerebek Arjuna Club dan mengamankan enam pengunjung dan tujuh karyawan.

“Total yang terjaring 13 orang dan 1 orang pengelola,” ujar Kepala Linmas Pemkot Surabaya Irvan Widyanto, Minggu (12/9).

Penggerebekan dilakukan oleh tim gabungan polisi, Satpol PP, dan Linmas. Awalnya, petugas mendapat informasi dari tim protokol kesehatan. Saat mengunjungi Arjuna Club, petugas curiga karena ada aktivitas di tempat tersebut.

“Setelah dilakukan penyisiran, hasil pantauan tim prokes untuk kondisi tempat hiburan umum diduga sedang beroperasi karena AC dan listrik menyala,” ungkap Irvan.

Akibat pelanggaran selama PPKM Jawa-Bali, petugas langsung menyegel pintu tempat karaoke.

Kabar PPKM Jawa Bali terbaru berikutnya dapat disimak di halaman selanjutnya.

Kabar PPKM Jawa Bali Terbaru dari Bogor

Kabar hangat PPKM Jawa-Bali terbaru berikutnya datang dari kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Masih ada wisatawan nekat mengelabui petugas agar terhindar ganjil-genap (gage).

“Kita juga menemukan terhadap beberapa kendaraan yang mencoba melakukan modus-modus tertentu untuk mengelabui petugas, di antaranya menggunakan pelat nomor palsu, untuk itu kami tindak dan kami berikan teguran berupa tilang. Total yang ditindak ada 12 kendaraan sejak awal uji coba ganjil-genap di Puncak,” jelas Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky di Pospol Gadog, Sabtu (12/9).

Petugas pun mengamankan pengendara yang nekat menggunakan nopol palsu. Menurut AKP Dicky, mereka rela membeli nopol palsu agar bisa melewati ganjil-genap di kawasan puncak.

“Kita juga menemukan terhadap beberapa kendaraan yang mencoba melakukan modus-modus tertentu untuk mengelabui petugas diantaranya menggunakan pelat nomor palsu, untuk itu kami tindak dan kami berikan teguran berupa tilang. Total yang ditindak ada 12 kendaraan,” jelas Dicky.

Kabar PPKM Jawa Bali Terbaru dari Jatim

Di Jatim, kabar PPKM Jawa Bali terbaru adalah soal Jatim Park 2 sudah diizinkan beroperasi. Kawasan ini sudah mendapat rekomendasi dari Kemenpar untuk uji coba tempat wisata.

“Hari ini kita mulai trial opening. Setelah ditunjuk pemerintah dari salah satu obyek wisata yang direkomendasikan untuk buka,” kata General Manager Batu Secret Zoo, Agus Mulyanto kepada wartawan di Batu Secret Zoo, Jalan Oro-oro Ombo, Kota Batu, Sabtu (11/9).

Selama uji coba, Jatim Park 2 menerapkan beberapa persyaratan. Beberapa di antaranya adanya batasan usia, menunjukkan bukti vaksinasi, hingga memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi.

Itulah sederet kabar PPKM Jawa-Bali terbaru. Kabar soal apakah PPKM Jawa Bali diperpanjang atau tidak akan disampaikan pemerintah sore atau malam ini.