3 Obyek Wisata di Batu Diuji Coba Buka, PeduliLindungi Menjadi Syarat Wajib

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyebut akan melakukan uji coba pembukaan 20 tempat wisata dengan status PPKM Level 3. Tiga di antaranya adalah destinasi wisata di Kota Batu.

3 destinasi itu adalah Taman Rekreasi Selecta, Jatim Park 2, dan Batu Night Spectacular (BNS). Hal ini sudah disampaikan Luhut saat Rapat Koordinasi PPKM Jawa Bali secara virtual pada Selasa (7/9/2021) malam.

Pemkot Batu langsung merespons rekomendasi tersebut dengan menerbitkan Surat Edaran (SE) Wali Kota Batu Nomor 440/11/SE/422/104/2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 COVID-19 di Kota Batu.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menjelaskan dalam ujicoba tersebut, tempat wisata akan memberlakukan aplikasi PeduliLindungi.ID kepada para pengunjung.

Selain itu, protokol kesehatan pencegahan COVID-19 diterapkan secara ketat. Tahapan itu nantinya akan diatur oleh Kemenparekraf.

”Dengan aplikasi PeduliLindungi ini tujuannya sebagai screening mana-mana pengunjung yang sudah vaksin atau belum. Tak hanya pengunjung tapi juga pegawai,” ungkap Dewanti kepada wartawan, Rabu (8/9/2021).

Surat edaran yang dikeluarkan juga mengatur batasan usia maksimal pengunjung yang masuk. Yakni usia rentan pada kelompok usia di bawah 12 tahun dan lansia.

Sebelumnya, sejumlah tempat wisata di Kota Batu memang sudah disiapkan dan difasilitasi oleh Dinas Pariwisata Kota Batu agar bisa mendapat rekomendasi dari Kemenparekraf untuk dapat kembali beroperasi setelah 2 bulan ini tutup.

Selama tak bisa beroperasi ini, banyak pelaku wisata merugi. Dengan adanya rekomendasi ini, tiga destinasi wisata yang ditunjuk dapat sedikit bernafas lega.

Hal itu disampaikan, Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta, Sujud Hariadi, bahwa kini pihaknya tinggal menunggu hasil visitasi pemerintah pusat.

Jauh sebelum ini, pihaknya pun telah mengajukan QR Code ke Dinas Pariwisata Kota Batu. Selain itu, Selecta juga telah mengantongi sertifikasi CHSE dan capaian vaksinasi seluruh karyawan.

”Kami berharap uji coba pembukaan tempat wisata ini sudah bisa dilakukan minggu ini,” harap Sujud terpisah.

Ketua PHRI Kota Batu ini belum mengetahui secara pasti kapan dimulainya uji coba operasional tiga destinasi wisata tersebut.

“Waktu untuk mulai bisa uji coba kapan, kami belum tahu pasti,” tegasnya.

Diketahui, ada empat tempat wisata di Jawa Timur yang direkomendasikan untuk menjalani uji coba oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tiga tempat wisata di Kota Batu dan satu obyek wisata lain itu adalah Wisata Bahari Lamongan.