by

Viral Potret Anggota Taliban, Netizen Menyebut Modis dan Kekinian

Inionline.id – Sejak menduduki Afghanistan pada Minggu (15/8), masyarakat di seluruh dunia banyak yang menyoroti gerak-gerik Taliban, terutama di media sosial. Banyak foto beredar di internet yang menunjukkan aksi mereka di jalanan atau di kota-kota besar seperti Kabul.

Tak hanya soal aksinya yang meresahkan masyarakat Afghanistan dan global, netizen di media sosial juga membicarakan tentang penampilan mereka. Menurut laporan Daily Mail, anggota Taliban yang masih muda sedikit mengubah penampilan jadi lebih modern.

Dalam foto yang beredar, tampak seorang anggota Taliban mengenakan pashtun atau baju Muslim khas Afghanistan berwarna oranye yang mirip seperti gaun midi dengan aksen tali di bagian pinggang. Pria berambut panjang itu juga memakai rompi hijau, scarf di leher, headband dengan tulisan Arab yang mirip lambang Taliban. Ia melengkapi penampilannya dengan kaca mata hitam kecil, kaus kaki panjang warna hitam, dan trainers atau sepatu olahraga.

Di Twitter, akun @ragipsoylu membuat desain steal his look layaknya halaman fashion di majalah mode. Ia ‘membedah’ outfit yang dikenakan oleh anggota Taliban tersebut lengkap dengan jenis busana dan harga. Akun itu memberi label baju oranye yang dikenakan Taliban itu dengan Gucci Orange Dress, lalu headband-nya ditulis sebagai Supreme, kacamatanya Ray Ban, dan sepatunya dari Asix. Parodi ini sontak membuat netizen lain turut berkomentar. Hingga kini, unggahan viral tersebut telah disukai oleh 20 ribu orang dan diunggah ulang sampai 3.845 kali di Twitter.

Viral Potret Anggota Taliban, Netizen Sebut Modis dan Kekinian (1)

Selain pria berbaju oranye itu, ada juga beberapa anggota Taliban yang menjadi sorotan. Mereka mengenakan baju tradisional yang dipadukan dengan boots dan topi baseball. Gaya mereka dianggap menarik perhatian karena berbeda dengan penampilan Taliban zaman dulu. Menurut Daily Mail, selama berkuasa pada 1996 sampai 2001, para pasukan Taliban dikenal dengan penampilan yang cenderung kasar dan menakutkan. Memakai baju tradisional dan janggut yang memenuhi wajah.

Netizen di media sosial menyebut gaya Taliban muda ini sebagai Taliban 2.0. Mereka juga mengejek anggota Taliban dan mengatakan mereka sudah menjadi korban mode avant-garde yang kerap dipandang eksentrik.