Vaksinasi di Bogor Mencapai 51,22%, Satgas: Target 15 Ribu Orang Sehari

Antar Daerah057 views

Bogor, Inionline.id – Program vaksinasi di Kota Bogor telah mencapai 51,22 persen dari total penduduk. Pasokan vaksin diharapkan lancar agar target vaksinasi tahap 1 bisa tercapai dalam 27 hari ke depan.

“Sampai Kamis (19/8/2021), capaian vaksin kita sudah 51,22 persen, atau 419,757 orang sudah divaksinasi dosis pertama,” kata Kadinkes Kota Bogor Sri Nowo Retno, Jumat (20/8/2021).

Ia menyebut, target vaksinasi Kota Bogor kini tersisa 399.687 orang. Untuk mencapai target sasaran vaksinasi, Pemkot Bogor kini menarget 15 ribu orang bisa divaksinasi dalam sehari.

“Target kita total 819.444 sasaran vaksinasi, yang sudah divaksinasi 419.757, berarti sisa 399.687. Artinya kalau pasokan vaksin lancar, target 15 ribu per hari yang divaksin bisa kita lakukan, artinya yang 399.687 itu bisa tercapai sampai 27 hari ke depan,” beber Sri Nowo.

“Kita ajukan (vaksin) terus tiap pekan, mudah-mudah selalu terpenuhi ya. Hari ini saja kita terima pasokan vaksin lagi dari Kemenkes, jenis Pfizer, total yang kita terima hari ini 10.725 dosis, ini untuk dua dosis. Langsung kita distribusikan ke Puskesmas Bogor Timur dan Puskesmas Tanah Sareal,” katanya.

Untuk mencapai target vaksinasi dosis pertama, lanjut Sri Nowo, Satgas Kota Bogor memaksimalkan 18 titik sentra vaksinasi di Kota Bogor. Vaksinasi keliling juga dilakukan agar lebih menjangkau dan dekat ke pemukiman warga.

“Selain itu, kita lakukan vaksinasi keliling agar sentra vaksinasi lebih dekat ke pemukiman warga. Pemkot juga sediakan sarana antar jemput untuk warga yang bersedia divaksin tapi tidak bisa datang ke lokasi karena alasan tertentu,” sebut Sri Nowo.

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan vaksinasi untuk 819.444 orang warganya ditargetkan bisa rampung sebelum Oktober 2021. Namun, menurut Bima, hal itu tergantung lancar atau tidaknya suplai vaksin dari pemerintah pusat.

“Kalau suplai vaksinnya lancar, nggak putus, saya yakin sebelum Oktober, (vaksinasi) Kota Bogor sudah tuntas, kalau vaksinnya lancar. Jadi kalau lebih dari Oktober, berarti suplai vaksinnya nggak lancar,” kata Bima saat meninjau vaksinasi pelajar di SMP Negeri 5 Kota Bogor, Jalan Dadali Kota Bogor, Sabtu (31/7/2021).

Guna mendukung percepatan vaksinasi, kata Bima, Pemkot Bogor telah menyediakan 16 titik sentra vaksinasi gratis untuk warga. Bima terus berkomunikasi dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin agar terus mendapat suplai vaksin.

“Sekarang titik sentra vaksinasi sudah kita tambah jadi 16 titik sudah kita siapkan. Jadi sistemnya siap, nakesnya cukup, tempatnya juga ada, ya tinggal suplai vaksinnya saja,” ucapnya.

“Saya terus berkomunikasi dengan Menkes, kemarin dapat vaksin sebanyak 60 ribu, yaitu lah setiap kita habis akan ditambah lagi, habis ditambah lagi,” ujar Bima menambahkan.