Timnas Indonesia Berpeluang Menjalani Playoff Kualifikasi Piala Asia di Qatar

Olahraga057 views

Inionline.id – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyebut playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 bakal digelar di Qatar. Rencana sistem home-away kemungkinan batal.

Timnas Indonesia akan melawan Taiwan pada playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 7 September dan 12 Oktober. Pasukan Garuda terpaksa memainkan playoff Piala Asia karena gagal di total di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Rencana AFC, laga play off dimainkan dengan sistem home dan away. Tetapi karena kondisi pandemi, sistem sentralisasi kemungkinan akan diberlakukan.

“Kalau Taiwan datang ke Indonesia, mereka harus menjalani isolasi selama 8 hari. Begitu juga ketika Timnas Indonesia ke Taiwan, harus isolasi selama dua pekan,” kata Shin Tae-yong, dikutip dari media Korea, Star News.

“Jika masalah ini tak bisa dipecahkan, itu tidak mudah. Saya mendengar ada kemungkinan laga (playoff) bakal digelar di Qatar,” ujarnya menjelaskan.

Qatar, negara yang kaya akan minyak bumi itu sebelumnya punya pengalaman menggelar ajang AFC. Pada 2020, mereka pernah menjadi tuan rumah sentralisasi Liga Champions Asia 2020.

Negara-negara Arab relatif lebih menerima kedatangan warga asing di masa pandemi COVID-19, meski ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Sebelumnya, Uni Emirat Arab (UEA) juga menjadi lokasi sentralisasi lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang juga dimainkan Indonesia.

Selain play off, Timnas Indonesia juga punya agenda Piala AFF 2020 yang dipindahkan ke akhir tahun 2021. AFF Sampai saat ini belum menentukan format pasti ajang dua tahunan ini.

Selain Piala AFF, ada juga SEA Games 2021 di Vietnam yang sudah diputuskan digeser ke awal 2022. Timnas Indonesia U-22 yang akan turun ke pesta olahraga bangsa-bangsa ASEAN ini.

“SEA Games yang seharusnya digelar November sudah ditunda. Dan juga saat ini belum dipastikan bagaimana lanjutan Piala AFF,” tutur Shin Tae-yong soal agenda Timnas Indonesia.